Beberapa Penyakit Yang Jarang Terjadi pada Mata Manusia

Anda pasti sudah sering mendengar tentang katarak, buta warna, rabun jauh, rabun dekat dan lain sebagainya yang merupakan beberapa macam penyakit yang dapat menjangkiti mata manusia.

Namun, pernahkah Anda mendengar penyakit mata yang memungkinkan tumbuhnya rambut pada mata? Atau penyakit yang mengakibatkan seseorang memiliki mata dengan lebih dari satu pupil? Selengkapnya, simak uraian berikut ini.

  • Mata ditumbuhi rambut

l 39

Sudah wajar jika tubuh manusia ditumbuhi bulu, namun bagaimana kalau rambut tumbuh pada mata? Saya yakin Anda tidak percaya sebelum melihatnya, jadi silakan lihat gambar berikut ini.

Penyakit atau kelainan ini dialami oleh remaja 19 tahun bernama Ali Mahdavi Fard. Kelainan yang dialaminya sangat langka, mungkin hanya ia satu-satunya atau hanya beberapa saja yang mengalami kelainan serupa di dunia. Bola matanya memiliki jaringan rambut sehingga memungkinkan rambut tumbuh disana.

  • Mata yang bisa menangis darah

Anda mungkin hanya mendengar hal ini dari dongeng-dongeng masa kecil. Namun, kenyataannya ada beberapa orang di dunia yang mengalami penyakit super langka ini.

Sindrom aneh ini membuat penderitanya tiba-tiba dapat mengeluarkan darah dari kelopak matanya. Biasanya, sebelum mengalami pendarahan dari mata, penderitanya terlebih dahulu akan merasakan pusing dan sakit kepala.

Penyebab dari keadaan ini belum dapat diketahui secara pasti oleh tim medis. Namun, pada kasus beberapa penderita dapat sembuh dengan sendirinya tanpa melalui proses pengobatan apapun.

  • Polycoria

l 40

Polycoria merupakan keadaan dimana seseorang memiliki lebih dari satu pupil dalam satu bola matanya. Seperti kebanyakan penyakit-penyakit atau kelainan aneh yang terjadi di dunia, penyakit ini pun belum dapat diketahui pasti apa penyebabnya.

Meski memiliki setidaknya dua pupil, penderita mengaku tidak mengalami gangguan penglihatan, mereka tetap bisa melihat secara normal. Hanya saja, mereka mengaku merasa sedikit kurang nyaman dengan cahaya yang terlalu terang.

  • Mata berwarna merah menyala

l 41

Umumnya, warna mata pada seseorang adalah hitam, abu-abu, cokelat, atau biru—tergantung keturunan dari orang tersebut.

Namun, pada keadaan langka, ada beberapa orang yang memiliki warna mata merah menyala—persis seperti bayangan kita tentang vampir atau manusia serigala.

Sindrom mata merah ini telah diketahui dimiliki oleh sebagian besar orang penderita albino. Namun di luar itu, ada juga orang yang memiliki mata merah menyala padahal bukan penderita albino.

Baca Artikel Lainnya :

Ternyata, penyebabnya adalah kadar melanin pada mata yang kurang dari orang pada umumnya. Sayangnya, penderita sindrom mata merah menyala ini akan memiliki gangguan pada matanya berupa keadaan yang disebut ‘fotofobia’ yang akan membuat penderitanya merasa kesakitan saat melihat cahaya terang.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *