Beberapa Penyebab Mengapa Datang Bulan Anda tidak Teratur

Selama masa subur wanita, sel telur matang di dalam ovarium dalam sebuah periodik yang biasanya berlangsung selama 28 hari (hal ini bervariasi pada setiap wanita). Pada hari ke-5 dalam siklus tersebut, sekitar 20 sel telur mulai untuk matang dan berada pada daerah yang disebut follicles dalam ovarium.

Pada hari ke-14, sebuah follicles biasanya akan matang terlebih dulu dibanding yang lainnya dan melepaskan sebuah sel telur yang siap untuk dibuahi oleh sel sperma. Sementara itu, follicles-follicles yang lain akan layu dan diserap oleh tubuh.

s 105

Jika sel telur yang matang tersebut tidak dibuahi oleh sel sperma, sel tersebut akan terpecah dan mati. Hal ini menyebabkan pendarahan yang biasa disebut dengan dating bulan atau menstruasi.

Bagaimana siklus menstruasi yang umum terjadi? Siklus mentruasi dikatakan lancer apabila interval yang terjadi antar periode berlangsung secara konsisten.Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, siklus menstruasi terjadi setiap 28 hari. Namun, beberapa wanita ada yang memiliki varisasi siklus antara 20 hari dan 35 hari.

Lantas, bagaimana siklus menstruasi yang takteratur? Siklus menstruasi dikatakan tidak teratur apabila periode terjadinya berbeda-beda setiap interval waktu. Contohnya, terkadang Anda dating bulan setiap 28 hari, terkadang 20 hari, ataupun terkadang 30 hari secara tidak konsisten.

Memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur sebenarnya adalah persoalan yang sering sekali dijumpai. Penyebabnya bias bermacam-macam, mulai dari sesuatu yang tidak perlu untuk dirisaukan hingga sesuatu yang bersifat serius dan butuh penanganan lebih lanjut.

Contohnya, jika Anda masih berusia remaja, hormon-hormon dalam tubuh Anda masih sering “bergejolak” dan membutuhkan waktu untuk dapat menemukan keseimbangannya. Maka, siklus menstruasi yang tidak teratur biasanya sangat lumrah terjadi pada remaja.

Namun, perlu diingat bahwa alas an utama Anda telat dating bulan adalah suatu kehamilan. Maka, penting untuk memastikan hal tersebut. Di bawah ini ada beberapa penyebab umum yang biasanya menjadi pemicu siklus dating bulan yang tidak teratur.

  1. Gangguan pola makan seperti Anorexia dan Bulimia
  2. Penurunan dan penaikan berat badan ekstrem dalam waktu singkat
  3. Stres dan masalah emosional
  4. Masalah pada sistem hormone, seperti mal fungsi thyroid
  5. Sedang bepergian jauh
  6. Terlalu keras berolahraga: Jika Anda adalah seorang atlit dan berolahraga keras, Anda mungkin akan mengalami penghentian menstruasi sebab tubuh Anda ingin menyimpan energy lebih banyak mengingat menstruasi adalah aktivitas yang menguras energy.
  7. Masalah pada organ tubuh di sekitar pinggul, misalnya Polycystic Ovarian Syndrome.
  8. Pemakaian obat yang tak terkontrol bahkan pil KB juga dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tak teratur.
  9. Kondisi sedang menyusui

Baca Artikel Lainnya :

Itu adalah beberapa penyebab umum yang sering ditemui pada wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Ingat untuk jaga selalu kesehatan Anda dan segera temui dokter apabila terjadi sesuatu yang tak biasa pada siklus menstruasi Anda.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *