Beberapa Peranan dan Fungsi Bahasa Indonesia

Bahasa adalah alat komunikasi sosial berbentuk symbol bunyi yang dikeluarkan atau dihasilkan oleh ucapan dari mulut manusia. Sebagai mahkluk sosial, manusia membutuhkan media sarana untuk berkomunikasi antara satu dengan lainnya di masyarakat.

Guna kepentingan interaksi sosial tersebut, maka dibutuhkan suatu cara komunikasi yang disebut dengan bahasa. Bahasa inilah yang umumnya digunakan untuk berkomunikasi antar sesama manusia, agar dapat salingĀ  berkomunikasi dan berinteraksi.

t-71

Pada setiap Negara, bahasa yang digunakan bermacam-macam. Bahkan, terdapat satu Negara yang menggunakan dua bahasa atau lebih. Seperti Indonesia yang menggunakan beberapa bahasa daerah di setiap masing-masing daerahnya, namun bahasa nasionalnya adalah Bahasa Indonesia.

Dalam aktivitas sehari-hari, alat yang digunakan untuk berkomunikasi merupakan bahasa, baik berupa bahasa lisan atau bahasa tulis. Bahasa yang digunakan untuk sarana komunikasi, tentu saja memiliki peranan dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan seseorang tersebut.

Sehingga secara langsung atau tidak langsung bahasa adalah alat untuk berkomunikasi, mengepresikan diri, dan sarana untuk bersosialisasi antara satu dengan yang lainnya.

Peranan Bahasa Indonesia

Dalam konsep ilmiah, peranan Bahasa Indonesia sebagai alat untuk mengungkapkan dan menyerap hasil pemikiran manusia. Sedangkan menurut Walija, Bahasa adalah komunikasi yang paling efektif dan lengkap untuk menyampaikan pesan, ide, perasaan, tujuan, dan pendapat kepada orang lain.

Seperti yang sudah dijelakan diatas, jika setiap Negara memiliki bahasa masing-masing. Begitu juga dengan Indonesia, sebab Indonesia juga memiliki bahasanya sendiri yaitu Bahasa Indonesia.

Bahasa mampu mempersatukan suatu Negara dan memiliki banyak fungsi salah satunya sebagai media komunikasi, sehingga manusia dapat dengan bebas berbicara serta bebas mengeluarkan pendapat selama bahasa yang digunakan masih dalam kaidah-kaidah sopan.

Bahasa Indonesia memiliki ketentuan-ketentuan didalamnya seperti tata cara dalam penulisan, tata cara penyampaian, hingga penggunaan tanda baca. Peranan Bahasa Indonesia antara lain yaitu;

  • Sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial.
  • Sebagai alat untuk melakukan interaksi sosial.
  • Sebagai alat komunikasi.
  • Sebagai alat untuk mengepresikan diri.
  • Sebagai bahasa Negara.
  • Sebagai alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

Fungsi Bahasa Indonesia

Fungsi utama Bahasa Indonesia ialah sebagai alat komunikasi sosial antar masyarakat Indonesia. Pada dasarnya, bahasa sudah menyatu dengan kehidupan manusia sejak dahulu. Sebab hampir semua kegiatan dan aktivitas manusia bergatung dengan penggunaan bahasa pada masyarakat setempat atau pada daerah masing-masing.

Pikiran, gagasan, ide, keinginan, dan harapan disampaikan dengan bahasa. Selain fungsi yang sudah dijelaskan diatas, bahasa adalah tanda yang sangat jelas dari kepribadian manusia.

Baca Artikel Lainnya :

Dengan bahasa, manusia mampu memahami keinginan, karakter, motif, latar belakang, kehidupan sosial, hingga pergaulan antar setiap individu. Berikut beberapa fungsi Bahasa Indonesia antara lain;

  • Sebagai alat komunikasi.
  • Sebagai alat menyatakan ekspresi.
  • Sebagai lambang Negara Indonesia.
  • Sebagai lambang identitas Negara Indonesia.
  • Sebagai alat untuk pemersatu antara satu suku atau daerah lainnya yang ada di Indonesia.
Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *