Beberapa Peranan dan manfaat Fauna Tanah

Beberapa Peranan dan manfaat Fauna Tanah – Semua jenis makhlik hidup yang di ciptakan di dunia ini pasti memiliki manfaat dan fungsi salah satunya fauna tanah. Fauna tanah merupakan bagian dari ekosistem lahan yang mana Keberadaan fauna tanah dipengaruhi oleh kondisi lahan tersebut baik dari kondisi vegetasi maupun pengolahan di lahan tersebut.

Untitled

Fauna tanah adalah hewan yang hidup di tanah, baik yang terdapat di permukaan/atas tanah maupun di dalam tanah (lapisan tanah). Proses dekomposisi dalam tanah tidak akan mampu berjalan cepat bila tidak ditunjang oleh kegiatan makrofauna tanah dan mesofauna tanah.

Makrofauna tanah adalah fauna tanah yang masih dapat diliat dengan mata telanjang tanpa bantuan alat apaun karena ukurannya yang lumayan besar, seperti cacing, kelabang, kecoa dan semutSecara Umum proses perombakan berlangsung sebagai berikut : Pertama-tama perombak yang besar atau makrofauna meremah-remah substansi organik mati pada habitat.

Kemudian materi ini akan melalui usus dan akhirnya menghasilkan butiran-butiran feses yangdi keluarkan. Butiran-butiran tersebut dapat dimakan oleh mesofauna dan atau makrofauna pemakan kotoran seperti cacing tanah yang hasil akhirnya akan dikeluarkan dalam bentuk feses pula. Materi terakhir ini akan dirombak oleh mikroorganisme terutama bakteri untuk diuraikan lebih lanjut.

Penguraian akan menjadi lebih sempurna apabila hasil ekskresi fauna ini dihancurkan dan diuraikan lebih lanjut oleh mikroorganisme terutama bakteri hingga sampai pada proses mineralisasi. Melalui proses tersebut, mikroorganisme yang telah mati akan menghasilkan garam-garam mineral yang akan digunakan oleh tumbuh-tumbuhan lagi. Dengan melihat proses aliran energy dapat dikatakan bahwa tanpa adanya keberadaan mesofauna tanah, proses perombakan materi (dekomposisi) tidak akan dapat berjalan dengan baik (Rahmawaty, 2000).

Fauna tanah mempunyai peranan penting dalam proses pembusukan bahan-bahan organik dengan cara :

  • Menghancurkan jaringan-jaringan secara fisik dan meningkatkan ketersediaan bahan bagi aktifitas bakteri dan jamur sehingga dengan adanya fauna tanah ini berarti dapat menjaga atau menjadi indikator hayati dari bakteri dan jamur.
  • Melakukan pembusukan pada bahan-bahan seperti gula, sellulosa dan sejenis lignin
  • Merubah sisa-sisa tumbuhan menjadi humus melalu proses dekomposisi.
  • Menggabungkan antar bahan yang membusuk pada lapisan tanah bagian atas sehingga tanah akan menjadi subur.
  • Membentuk kemantapan agregat antara bahan organik dan bahan mineral tanah.

memang banyak sekali Peranan dan manfaat Fauna Tanah ini, tanpa kita sadarari Fauna tanah menjadi salah satu organisme tanah yang dapat di jadikan indikater kesehatan tanah. So jangan berpikir Fauna tanah diciptakan tidak mempunyai manfaat.

Baca Artikel Lainnya :

8 thoughts on “Beberapa Peranan dan manfaat Fauna Tanah

  1. Pingback: Bagaimana Proses Reproduksi Bakteri? | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Pengertian dan Definisi Kultur Jaringan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  3. Pingback: Pengertian, Proses, Fungsi dan Bahaya Daur Fosfor | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  4. Pingback: Mengenal Ciri Serta Klasifikasi Hewan Mamalia | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  5. Pingback: Berkenalan Lebih Jauh dengan Reptil (Hewan Melata) | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  6. Pingback: Segala Pernik Amphibia (Hewan Hidup di Dua Alam) | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  7. Nurhaini

    Itulah mengapa , betapa penting nya menjaga kelestarian alam, apa yg terjadi jika bacteri tidak ada lagi? Hewan 2 sudah punah, betapa mengerikan nya dunia ini, terimakasih mas , semoga artikelnya semakin banyak yang baca dan semaki sadar akan lingkungan

    Reply
    1. Mas Joko Post author

      memang tuhan menciptakan segala sesuatu pasti ada manfaatnya, baik dari hal yang kecil hingga yang besar.. seperti bakteri dan hewwan tanah, kecil-kecil tapi cabe rawit. Terimakasih kembali atas kunjungannya

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *