Beberapa Perbuatan yang Mencemari Lingkungan

Beberapa Perbuatan yang Mencemari Lingkungan – Menjaga lingkungan adalah salah satu tugas semua manusia yang menggunakan bumi ini sebagai tempat berpijak. Lingkungan memang dapat diartikan secara luas dan juga dapat diartikan secara sempit.

Untitled

Bagi pengartian secara luas lingkungan merupakan semua anggota yang berada di seluruh muka bumi ini, sedangkan dalam artian sempit maka lingkungan bisa diartikan sebagai tempat dimana focus kita sedang berada. Misalnya saja lingkungan sekolah, lingkungan rumah atau juga lingkungan pedesaan.

Semua persepsi mengenai lingkungan memang benar adanya, tetapi hal yang sangat terpenting dari lingkungan adalah bagaimana cara menjaga itu semua sebagai salah satu tanggung jawab yang harus dipikul oleh manusia atas titipan Tuhan yang perlu untuk dijaga dan dimanfaatkan secukupnya. Terdengar berlebihan memang, tetapi jika ditelaah lebih lanjut banyak sekali para masyarakat khususnya Indonesia yang belum sadar tentang bagaimana menjaga lingkungan. Mereka hanya berfikir pada focus diri sendiri atau bisa dikatakan egois tanpa mempedulikan bagaimana dampak lebih lanjut mengenai perbuatan yang dilakukan pada saat ini. Berikut ini adalah beberapa contoh penyimpangan yang sering terjadi di masyarakat mengenai cara egois mereka dalam merusak lingkungan, adalah:

1. Membuang sampah

Terdengar sepele memang, hanya membuang sampah saja dapat mengakibatkan dampak yang cukup buruk bagi lingkungan sekitar. Setidaknya Anda perlu berdamai dengan alam sebelum Anda menginginkan alam berdamai dengan Anda. Buanglah sampah pada tempatnya, cara ini sangat mudah dan simple untuk dilakukan. Sedari dini ajari anak Anda dan juga diri Anda sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya. Jangan sampai dengan santai Anda membuang sesuatu kertas atau plastic di jalanan dan tanpa rasa berdosa sedikitpun.

2. Mencoret benda yang menjadi milik umum

Ada beberapa benda yang menjadi milik kepunyaan umum dan memang digunakan secara bergantian agar semua orang bisa merasakannya. Tetapi dapat dengan mudah juga dijumpai beberapa karakter orang yang dengan santainya merusak, mencoret dan mempermainkan beberapa barang yang menjadi milik umum tanpa memikirkan bagaimana kegunaan dan fungsinya untuk orang lain. Contohnya saja di sekolah, tidak sedikit para siswa yang mencorat-coret meja dengan alasan iseng atau bahkan tanpa adanya alasan.

3. Tidak mentaati peraturan lalu lintas

Tidak jarang juga dapat dengan mudah ditemui mengenai karakter orang yang dengan mudahnya melanggar peraturan lalu lintas. Meskipun ini merupakan kebudayaan dan juga karakter dari orang tersebut, tetapi selama kegiatan itu memang tidak baik maka Anda bisa merubah pola berfikir Anda. kebanyakan faktor dari kecelakaan lalu lintas memang disebabkan oleh keadaan dimana seseorang lalai, dan faktor lain seperti takdir. Tetapi itu semua dapat ditekan dengan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku seperti memakai helm berstandar dan juga mematuhi peraturan lalu lintas yang ada.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *