Beberapa Tips Buat Para Pemula Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Memotret

Dunia digital fotografi pada saat ini masih sama dengan dulu yaitu agak membingungkan untuk seorang pemula. Para pemula pada umumnya direpotkan dengan pengoperasian kamera, pengaturan setting dan teknik-teknik fotografi.

Namun melalui artikel kami kali ini, kami berusaha membantu anda untuk mengurangi atau menghapus kebingungan tersebut dengan cara mendorong anda agar lebih suka latihan memotret setiap hari.

m 48

Kali ini kami rangkum dari berbaga sumber, kami akan menghadirkan beberapa tips menghasilkan foto terbagus buat pemula agar anda lebih lebih percaya diri dalam memotret.

  • Jangan terlalu memikirkan kualitas kamera yang anda pakai.

Saat ini di pasaran banyak beredar kamera digital dan peralatan fotografi canggih yang dijual dengan harga bervariasi dari yang termurah hingga paling mahal. Anda bisa menemukan kamera dengan harga jutaan hingga puluhan juta rupiah yang dilengkapi dengan fitur terbaru atau sensor megapiksel dalam jumlah besar.

Namun, dalam memotret, anda harus menyadari bahwa kamera merupakan faktor kesekian dimana yang terpenting adalah anda harus tetap dapat memotret dan menghasilkan foto bagus meskipun hanya bermodal kamera pocket atau kamera DSLR murah.

Kuncinya adalah sebuah foto akan tampak bagus karena kamera dan didukung oleh banyak faktor lainnya. Jadi mulai dari sekarang anda jangan ragu lagi memotret apapun subjek atau objeknya dengan memakai kamera pilihan anda.

  • Pilih mode dengan benar sesuai dengan jenis kamera yang anda miliki.

Kamera digital yang saat ini banyak beredar di pasaran dengan beragam harga telah hadir dengan beberapa mode pilihan untuk menghasilkan foto yang lebih bervarisi.

Anda bisa memilih berbagai mode untuk fungsi menambah kreatif terhadap koleksi hasil foto, di samping diharapkan bisa mengatur Aperture ( tombol A atau AV ) guna mengontrol depth of field dari sebuah foto yang akan anda bidik. Cara yang baik dan cocok untuk melakukan potret potraits, landscape hingga macro adalah dengan anda bisa memilih mode.

Selain hal tersebut di atas, anda juga bisa menggunakan mode Shutter untuk fungsi mengontrol kecepatan shutter. Mode ini sangat cocok untuk memotret subjek yang bergerak cepat seperti saat meliput acara olahraga dan karnaval.

Terakhir yang perlu anda ingat adalah ada mode program khusus yang merupakan mode full otomatis yang membuat kamera anda akan mengatur langsung aperture dan shutter speed.

Mode ini tepat anda aplikasikan sebagai pemula, tapi harus terus mengasah kemampuan secara manual karena semakin paham anda maka semakin mudah anda dalam mengoperasikan kamera.

  • Tunggu pencahayaan yang tepat.

Cahaya dalam hal ini merupakan media dan menjadi kunci utama dalam dunia fotografi. Sebagai pemula, anda harus memperhatikan pencahayaan yang bagus termasuk kualitas terangnya.

Banyaknya cahaya hingga arah cahaya dan bagaimana pengaruh cahaya tersebut terhadap subjek atau objek yang akan anda foto adalah pegangan utama yang mesti anda pelajari hingga dikuasai secara profesional.

Baca Artikel Lainnya :

Apabila anda baru mengenal dunia fotografi, atau baru belajar memotret dengan memakai kamera baru, maka anda akan membutuhkan seseorang yang handal guna bisa memandu dan membantu mengasah kemampuan anda dalam hal memotret.

Namun, apabila anda tidak lagi menemukan teman atau sahabat yang mampu membantu saat anda ingin hunting, maka jangan khawatir, tips tersebut di atas bisa anda gunakan sebagai pedoman.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *