Begini Cara Membeli Rumah Dengan Dana Minim

Begini Cara Membeli Rumah Dengan Dana Minim – Mempunyai rumah sendiri tentunya menjadi impian semua orang, baik bagi yang sudah berkeluarga maupun belum. Tentu saja ketika mempunyai rumah sendiri ada keuntungan yang didapatkan seperti mempunyai privasi yang hampir tidak dimiliki ketika tinggal bersama orang tua atau dengan pihak lain.

Untitled

Salah satu cara membeli rumah dengan dana minim adalah menggunakan layanan KPR (Kredit Kepimilikan Rumah). Namun anda pasti bertanya-tanya apakah jika memiliki dana yang minim masih mampu menggunakan layanan KPR tersebut untuk membel rumah. Jawabannya, tentu bisa! Walaupun saat mengajukan KPR tentunya anda harus bisa memenuhi tanggungan biaya kredit setiap bulan tetapi tentu pasti ada cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Bagi yang ingin membeli rumah dengan dana minim dengan menggunakan layanan KPR harus menerapkan strategi khusus untuk dapat memenuhi tanggungan biaya kredit setiap bulannya. Begini cara yang mungkin anda bisperbuat untuk membeli atau mendapatkan rumah dengan dana minim :

  1. Tentukan Harga Rumah Yang Diinginkan

Menentukan atau mencari harga rumah yang ingin kita kredit adalah satu hal yang sangat penting. alasannya yaitu Anda harus dapat menyesuaikan jumlah kredit dengan kemampuan dana yang anda miliki. Karena harga rumah yang akan dibeli menentukan tingkat tangguhan biaya kredit setiap bulan.

Ini adalah Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk masalah ini yaitu dengan mengambil dengan jangka waktu yang panjang dalam sistem pembayaran kredit, seperti 10-15 tahun, agar bisa menyesuaikan banyaknya dana yang harus dibayar dengan kemampuan Anda.

  1. Menabung, Menabung, dan Menabung!

Menabung merupakan strategi penting karena dalam pembayaran KPR ini dapat memakan waktu yang cukup lama. Karena itu, Anda harus giat menabung agar bisa membayar uang muka dan cicilan rumah dalam setiap bulannya. misalkan, bila Anda memiliki gaji sebesar Rp 3 juta, menabunglah sebesar 20 persen dari gaji Anda yaitu Rp 600 ribu secara rutin dalam beberapa bulan. bila hal ini berhasil, sudah dipastikan bahwa Anda sudah benar-benar siap untuk mengajukan KPR.

  1. Jangan Lupa Siapkan Uang Untuk Membayar Uang Muka

Hal lain yang harus diperhatikan selain permasalahan tangguhan biaya perbulan, Anda juga harus memperhatikan besar tidaknya uang muka yang sering menjadi salah satu atau sebuah syarat yang diajukan pihak bank sebelum melakukan KPR. Biasanya, beberapa bank di indonesia meminta uang muka atau DP dengan jumlah tertentu dari harga rumah yang akan anda kredit. Dengan begitu, anda bisa menyiapkan dana dalam jumlah yang cukup besar untuk dijadikan sebagai uang muka , untuk tanda jadi pembelian rumah tersebut.

  1. Cari KPR Dengan Bunga Ringan

KPR dengan bunga ringan merupakan salah satu satu hal yang terpenting bila anda ingin mengajukan KPR. Di mana Anda harus mengetahui secara teliti berapa besaran bunga yang diajukan oleh bank dalam pembayaran KPR. Usahakan Anda mendapatkan bank yang menawarkan bunga KPR yang ringan, agar tidak memberatkan Anda.

  1. Tentukan Pembayaran Cicilan Tiap Bulannya

Hal ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan Anda untuk membayar cicilan rumah tiap bulan. Sebagai contoh, Anda harus membayar cicilan hingga Rp 2,5 juta padahal gaji Anda hanya Rp 3 juta. Hal ini harus dihindari, ada baiknya Anda melakukan perhitungan secara kasar kebutuhan anda per bulan yang harus disesuaikan dengan gaji yang anda proleh terlebih dahulu. Jangan sampai seperti kata pepatah ‘besar pasak daripada tiang’.

  1. Pilih Bank Yang Terpercaya

Memilih Bank Yang terbaik dan Terpecaya ialah sangat penting, jangan terlena dengan KPR yang menawarkan bunga pembayaran kecil padahal layanan KPR bank tersebut belum terpercaya kredibilitasnya. Pilihlah bank yang mempunyai reputasi yang baik dan terpercaya yang produk KPR-nya sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat.

Begitulah strategi-strategi yang bisa digunakan untuk membeli rumah dengan dana yang minim. Semoga berhasil mendapatkan rumah impian Anda.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *