Begini Cara Merawat Pintu Geser Mobil untuk Pemula

Beberapa tahun belakangan mobil dengan fitur pintu geser atau sliding door memang tengah digemari akhir-akhir ini. Selain karena kepraktisan dan kemudahannya, mobil dengan pintu geser tidak membutuhkan banyak ruang untuk membuka dan menutup pintu.

Mobil dengan pintu geser biasanya banyak kita jumpai pada mobil dengan jenis mobil keluarga atau family car seperti Toyota Alphard, Mazda Biante, dan Honda Freed.

t-93

Tak seperti mobil kebanyakan dengan fitur pintu konvensional, ada beberapa stratehi yang harus Anda perhatikan untuk menjaga kelangsungan dan keawetan pintu geser pada mobil Anda.Ulasan berikut akan menjelaskan beberapa step perawatan yang harus rutin dilakukan.

Agen Poker
  • Perhatikan secara menyeluruh kondisi rail atau lajur tempat pintu bergeser. Gunakan kain bersih yang telah disemprot dengan cairan pembersih atau cairan pelumas (lubricant spray) seperti WD-40. Cairan tersebut berfungsi untuk mengilangkan segala kotoran kecil dan residu yang ditinggalkan minyak pelumas sebelumnya.
  • Setelah kondisi rail sudah bersih secara menyeluruh, lapisi rail dengan pelumas yang mengandung paraffin atau lapisan lilin. Hal ini akan membuat lapisan pelindung pada rail sehingga dapat dengan mulus menopang sliding gear pada pintu geser mobil Anda.
  • Coba operasikan pintu geser mobil Anda dengan membuka dan menutupnya beberapa kali. Kenali dan amati suara yang dihasilkan dan gerakan yang dibuat. Pada pintu geser yang normal, suara yang dihasilkan adalah suara yang tidak berat dan lancer tanpa terputus-putus.

Selain itu, pintu geser mobil yang normal juga memiliki gerakan tanpa putus dengan estimasi proses yang relative sama setiap kali pengoperasian. Jika, Anda menemukan adanya suara berat dan kondisi pergerakan pintu geser yang tertahan atau patah-patah, coba tambagkan kempali pelumas paraffin untuk menambah keluwesan pintu geser mobil Anda.

  • Jangan lupa untuk membersihkan bearing yang bersinggungan langsung dengan rail untuk hasil yang maksimal.

Baca Artikel Lainnya :

  • Rutin mengecek kondisi kendaraan Anda kebengkel resmi secara teratur.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat pintu geser mobil Anda.Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *