Begini Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Gerhana matahari adalah sebuah fenomena alam yang kerap kali terjadi. Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan berada di antara bumi dan matahari sehingga cahaya matahari yang seharusnya diteruskan ke bumi akan terhalang oleh bulan.

Posisi bulan berada cukup dekat dengan bumi dibandingkan matahari, walaupun bulan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, membuat bulan dapat menghalangi cahaya matahari ke bumi.

s 29

Fenomena gerhana matahari adalah fenomena yang terjadi di siang hari. Gerhana matahari sendiri memiliki beberapa jenis dan mengamati beberapa gerhana matahari menggunakan mata telanjang akan berakibat fatal. Maka dari itu, kita harus mengetahui jenis dan proses terjadinya gerhana terlebih dahulu.

Berikut ini jenis gerhana matahari dan proses terjadinya.

  1. Gerhana matahari total

Gerhana matahari total terjadi ketika cahaya matahari tertutupi oleh bayangan bulan sepenuhnya yang berarti tidak adanya cahaya yang masuk ke bumi.

Gerhana ini akan terjadi disaat puncak gerhana karena pada saat itu bayangan bulan akan sama dengan bayangan matahari jika dilihat di bumi sehingga bulan dapat menutupi matahari seutuhnya.

Agar gerhana matahari total dapat terjadi, bulan harus berada dalam jarak tertentu agar telihat sama besarnya dengan matahari.

Dalam keadaan gerhana matahari total, bumi akan terlihat gelap dalam beberapa menit sampai puncak gerhana habis. Hal ini memungkinkan kita untuk melihat fenomena ini dengan mata telanjang

  1. Gerhana matahari parsial atau sebagian

Gerhana matahari parsial terjadi ketika pada puncak gerhana, bayangan bulan hanya mampu menutupi matahari sebagian saja sehingga ada cahaya matahari yang masuk ke bumi.

Dalam keadaan gerhana matahari parsial, bumi tidak akan terlihat gelap karena ada cahaya matahari yang masuk. Sebaiknya menggunakan alat bantu seperti kacamata untuk mengamati fenomena ini.

  1. Gerhana matahari cincin

Gerhana matahari cincin terjadi ketika bayangan bulan lebih kecil dari bayangan matahari sehingga pada saat puncak gerhana, bulan tidak akan menutupi matahari secara utuh, melainkan hanya tengahnya saja.

Karena tengah matahari saja yang tertutupi, maka cahaya matahari di sekitarnya akan tetap terlihat dan berbentuk seperti cincin.

Mengamati gerhana matahari cincin secara langsung akan  menimbulkanhal yang fatal karena cahaya matahari yang muncul pada saat puncak gerhana akan melukai penglihatan.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Gerhana matahari hibrida

Gerhana matahari hibrida adalah fenomena yang jarang terjadi karena fenomena ini terjadi ketika gerhana matahari total berubah menjadi gerhana matahari cincin. Hal ini terjadi karena di beberapa titik di bumi, gerhana matahari akan terlihat total, namun di sebagian titik lain akan terlihat cincin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *