Belajar Bisnis Sedari Sekolah, Apa Saja Bisnis Yang Bisa Dijalankan?

Apakah  anda  pernah  merasa  was – was  saat  pertama kali memulai sebuah usaha (bisnis UKM) ? Bisnis UKM bisa dilakoni oleh para orang tua yang sudah pensiun, seorang pelajar/mahasiswa yang ingin mempunyai penghasilan sendiri, atau oleh seorang pebisnis yang handal dan sudah terbiasa terjun dalam dunia bisnis.

Sebenarnya perasaan was – was tidak perlu terjadi secara berlebihan karena menjadi seorang wiraswasta yang menekuni bisnis UKM tidak membutuhkan kepandaian yang terlalu profesional, terpenting adalah anda harus pintar – pintar memanfaatkan peluang emas yang disodorkan kepada anda.

k 106

Meskipun demikian, pendidikan tetap harus diutamakan, janganlah lalai dan terburu – buru ingin membuka sebuah usaha berskala kecil, justru menyebabkan sekolah anda menjadi amburadul.

Dalam wirausaha, anda akan diajarkan untuk mampu bertahan hidup, seperti halnya di rumah, di sekolah pun anda akan diajarkan cara menghadapi hidup, cara bersikap dalam hidup dan pendidikan formal diharapkan mampu mencetak mental dan pola pikir yang sportif.

Erat kaitannya dengan hal tersebut di atas, berikut adalah beberapa ide usaha dengan modal kecil yang bisa dilakoni oleh para pelajar :

Ide Bisnis Jual Pulsa.

Bisnis yang satu ini sudah umum dikenal oleh masyarakat luas, dimana banyak yang melakoninya seperti para ibu rumah tangga, toko – toko kelontong, supermarket, hingga banyak pelajar yang suka memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai salah satu lahan usahanya.

Apalagi jaman sekarang HP sudah bukan lagi menjadi barang mewah sehingga pengguna HP sangat banyak dimana – mana, dari sini anda bisa hitung berapa banyak yang menggunakan handphone akan membutuhkan pulsa.

Benda mewah elektronik yang satu ini memang menjadi barang ‘wajib’ bagi semua orang apalagi para pelajar/mahasiswa hingga pekerja kasar dan pekerja kantor membutuhkannya, sehingga dijamin bisnis UKM jual pulsa yang akan anda lakoni mampu meraup untung dalam jumlah yang tidak mengecewakan.

Ide Usaha Koperasi Siswa Di Sekolah.

Bisnis UKM yang satu ini dapat anda jalankan sambil menyelesaikan sekolah/kuliah tanpa mengurangi waktu belajar anda. Jika di sekolah belum tersedia koperasi siswa, anda bisa memanfaatkan kondisi bagus ini, belajarlah untuk membuka koperasi yang menyediakan alat -alat tulis atau kebutuhan siswa di sekolah anda.

Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, dapat anda kumpulkan dari kantong pribadi atau pinjam ke bank. Jika sekolah anda sudah mendirikan koperasi sekolah, tawarkanlah jasa untuk menjaga koperasi saat ada waktu luang atau turut melengkapi isi koperasi.

 Ide Usaha Beternak Kecil – Kecilan.

Bisnis UKM beternak kecil – kecilan bisa menjadi peluang bisnis untuk para pelajar yang sangat potensial untuk dijalankan.

Mulai dari beternak ayam, kelinci, hamster, ikan hias, bahkan ikan seperti lele atau belut bisa anda jadikan alternatif pilihan karena beberapa alasan seperti merawatnya pun tidak terlalu memakan waktu banyak dan sangat mudah dilakukan meskipun anda bukan seorang dokter hewan.

Anda bisa menjalankan budidaya ikan atau menternakkan ayam dan jenis unggas lainnya untuk selanjutnya dijual saat mereka sudah dewasa, atau bisa dengan menjual telurnya saja.

Mengajar Les Privat

Mengajar les privat tidak harus lulus tingkat pendidikan tinggi, bagi para pelajar SMU atau yang masih duduk di bangku kuliah dapat memulai usaha ini yaitu menjalankan jasa les privat dengan mengajar anak – anak dalam tingkat di bawah mereka.

Anda bisa mendapatkan bayaran lumayan dari usaha ini sehingga mampu memberikan pendapatan lebih pada kantong anda, dimana kelebihan yang lainnya adalah bisa dilakukan bahkan tanpa modal.

Baca Artikel Lainnya :

Hanya membutuhkan keahlian khusus dibidangnya maka anda sudah bisa mendidik anak – anak usia di bawah anda seperti peluang usaha mengajar les bahasa Inggris atau mata pelajaran Matematika adalah contoh usaha nyata yang bisa anda geluti.

Selamat mencoba !

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *