Belajar Cara Menghidupkan Motor Anda Setiap Pagi Agar Tidak Cepat Rusak

Belajar Cara Menghidupkan Motor Anda Setiap Pagi Agar Tidak Cepat Rusak – Apakah anda sudah menguasai tentang satu hal yang sangat mudah untuk anda lakukan dan tentunya wajib untuk diketahui oleh pemilik motor sebelum memulai beraktifitas di luar rumah yaitu cara menghidupkan motor.

1

Diketahui bahwa semakin hari banyak pengguna motor semakin membludak di jalan raya karena semua kalangan saat ini suka mengendarai sepeda motor yang praktis dibawa kemana-mana sehingga dimana-mana hampir semua lapisan masyarakat mempunyai motor (dari yang muda hingga tua mempunyai sepeda motor sendiri).

Tentunya bagi anda yang sudah mempunyai sepeda motor haruslah tahu bagaimana cara merawat motornya dengan baik agar tetap memiliki performa yang powerfull yaitu dengan cara menservice sepeda motor secara rutin di bengkel langganan anda.

Nah, ada satu hal yang sangat mudah untuk dilakukan dan tentunya sudah banyak diketahui oleh siapapun bahkan orang-orang yang belum memiliki sepeda motor sekalipun harus mengetahuinya.

Yang dimaksud adalah cara menghidupkan motor, dimana menghidupkan motor sangat mudah dilakukan, bisa dengan menggunakan elektrik starter maupun dengan menggunakan kick starter.

Tapi apakah anda tahu tentang bagaimana cara menghidupkan motor yang benar sesuai dengan prosedur ?

Jika menghidupkan motor secara sembarangan tanpa mengikuti prosedur motor maka akan cepat rusak dan akhirnya harus sering-sering melakukan service ke bengkel.

Menghidupkan motor terlihat sangat mudah untuk anda lakukan, bisa dilakukan dengan memakai elektrik starter atau dengan kick starter.

Namun, perlu anda ketahui bahwa terdapat beberapa langkah lebih sederhana dalam menghidupkan motor anda yang sesuai dengan prosedur.

Jika menghidupkan motor dilakukan dengan cara sembarangan tanpa mengikuti prosedur motor yang tertera dalam buku panduan maka akan cepat rusak dan akhirnya harus diservice ke bengkel.

Apalagi untuk motor sekarang ini yang lebih banyak menggunakan sistem injeksi atau PGM-FI yang rentan mengalami kerusakan jika anda tidak telaten dalam hal merawatnya. Di bawah ini kami akan menjelaskan tentang cara menghidupkan motor dengan cara yang benar :

1). Untuk cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan cara menggunakan kick starter dan mesin motor harus dalam kondisi mati total sejak kemarin malam.

Hal ini dilakukan ketika anda akan menghidupkan motor pertama kali di pagi hari keesokan harinya agar oli pada motor anda bisa menyebar dan melumasi mesin dengan baik dan sempurna sehingga kinerja mesin akan lebih maksimal.

Lakukan cara untuk menghidupkan mesin dengan kick starter maksimal 3x saja dalam satu minggu agar oli dapat menyebar ke mesin.

2). Setelah oli menyebar ke mesin dengan memakai kick starter, kini anda tinggal menarik tuas choke agar menutup celah udara dan bensin akan tersuplay dalam jumlah cukup dan kondisi ini akan membuat mesin cepat dan mudah menyala, setelah choke ditarik dan dikembalikan, hidupkan mesin dengan kunci kontak pelan-pelan saja.

3). Untuk mulai menghidupkan mesin pada saat pertama kali esok pagi setelah hari sebelumnya anda gunakan full satu hari, sebaiknya gunakan kick starter saja dan hindari menggunakan elektrik starter agar baterai akinya awet.

4). Setelah mesin hidup maka usahakan tidak memencet elektrik starter maupun kick starter agar tidak terjadi konsleting di dalamnya yang serius dan parah pada sistem kelistrikan motor anda.

Baca Artikel Lainnya :

Dengan mengikuti penjelasan singkat dari kami tersebut di atas tentang cara menghidupkan motor dengan cara tepat dan benar diharapkan akan bisa membantu membuat mesin motor anda awet dan tidak terjadi masalah apa -apa hingga usia tua.

Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan terimakasih.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *