Belajar Cara Praktis Dan Mudah Dalam Merawat Mesin Mobil

Untuk fungsi utama sebagai media dalam menjaga peforma mobil secara maksimal serta dapat mencegah pengeluaran yang membengkak untuk memperbaiki mobil anda, maka memang dibutuhkan perawatan yang rutin dan mendetail serta menyeluruh wajib untuk anda lakukan.

Merawat mobil bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan di rumah dan tidak semua orang mempunyai waktu luang untuk merawat mobil secara menyeluruh. Tetapi janganlah hal ini dijadikan sebagai alasan atau halangan bagi anda untuk melakukan itu.

o 72

Sebenarnya ada perawatan sederhana pada bagian – bagian tertentu dari mesin mobil anda yang memang membutuhkan perawatan khusus yang wajib anda lakukan secara rutin dan memang memerlukan biaya besar untuk melakukannya.

Perawatan yang anda lakukan sendiri sebaiknya buat kondisi mobil yang baru dan perawatan terhadap mobil tua disarankan untuk anda lakukan di bengkel mobil saja agar mendapat perawatan yang layak.

Untuk mobil lama dan mobil baru membutuhkan perawatan secara berkala sesuai dengan standar perawatan bengkel – bengkel resmi mobil yang bersangkutan seperti bengkel Honda atau bengkel Yamaha. Hal inilah yang berlaku pada mobil matic atupun mobil yang mengaplikasikan transmisi manual.

Melalui artikel kami kali ini akan memberikan beberapa tips praktis yang dapat anda terapkan di rumah sebelum melakukan perawatan besar di bengkel langganan anda dalam merawat mobil kesayangan anda. Simak ulasan singkat dari kami di bawah ini :

1. Memacu mobil.

Apa hubungannya antara memacu mobil dengan perawatan mobil ? Mobil yang telah lama digunakan akan mudah memicu kondisi buruk yaitu penumpukan kerak dibagian mesinnya.

Anda bisa menghilangkan kerak tersebut dengan cara memacu mobil dengan kencang yang menyebabkan kerak di dalam mesin akan keluar melalui kenalpot. Namun anda harus tetap ingatkan diri untuk mengutamakan keselamatan diri dan orang lain di sekitar anda.

2. Mengecek air radiator.

Air radiator berfungsi sebagai penetralisir panas pada mesin mobil anda. Air radiator yang mudah habis selain dapat merusak mesin mobil anda sekali pun dalam kondisi baru, juga bisa mengancam keselamatan si pengendara.

Hal tersebut bisa terjadi karena mesin mobil anda sedang mengalami suatu keadaan yang mempunyai panas berlebihan (overheating). Anda harus selalu rajin mengecek kondisi air radiator anda untuk mengetahui dan memastikan tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

3. Ganti oli secara berkala.

Oli yang berfungsi sebagai pelumas mobil merupakan salah satu bagian terpenting dari mobil anda. Kinerja sebuah mesin mobil bergantung sepenuhnya terhadap kondisi oli mobil anda.

Maka dari itu, jika anda menginginkan peforma mesin mobil anda secara maksimal, serta menjaga kondisi mesin dengan baik, rajin – rajinlah mengganti oli secara berkala dan mutlak untuk anda lakukan. Penggantian oli secara berkala dilakukan jika jarak tempuh anda sudah mencapai 3000 hingga 5000 km.

Anda juga harus bisa memastikan oli yang anda pilih adalah sesuai dengan kebutuhan dari mesin mobil anda. Untuk hal yang satu ini, anda harus berkonsultasi pada mekanik bengkel langganan dimana anda dengan leluasa bertanya dan melakukan service mobil.

4. Membersihkan filter karburasi.

Mesin mobil yang susah menyala merupakan sebuah kondisi buruk sebagai akibat filter karburasi mobil yang kotor. Cara membersihkan filter karburasi adalah sangat mudah, anda bisa mengunakan sikat gigi untuk melenyapkan tumpukan kerak yang menempel serta kotoran lainnya yang ada pada saringan.

Usahakan untuk tidak memakai hairdryer atau kompresor ketika anda akan membersihkan filter karburasi karena bisa merusak lapisan yang ada di dalamnya.

Membaca empat cara umum dalam merawat mesin mobil tersebut di atas, anda seharusnya mengerti sejak awal tentang perawatan mutlak dilakukan untuk menjaga kondisi mobil agar tetap terpelihara.

Menjaga di sini maksudnya adalah menjaga peforma serta keawetan body dan mesin mobil sehingga meminimalisir pengeluaran untuk mengadakan perbaikan hanya karena mobil anda jarang dirawat sehingga mudah rusak, karena jika ada satu komponen saja yang rusak dan dibiarkan begitu saja akan menyebabkan komponen lainnya juga ikut menjadi rusak.

Baca Artikel Lainnya :

Cegahlah sejak dini sehingga anda bisa memiliki mobil idaman yang awet dan jarang rusak.

Demikian info dari kami, semoga berguna bagi anda pengemudi wanita agar tidak terlalu bergantung dengan bengkel langganan anda !

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *