Benarkah Ada Ikan yang Mampu Terbang?

Benarkah Ada Ikan yang Mampu Terbang? – Kamu pernah mendengar ikan terbang? Ikan yang dijadikan sebagai ikon salah satu chanel televisi mungkin keberadaannya sempat diragukan oleh sebagian orang.

Untitled

Sebenarnyan ikan terbang tersebut adalah ikan Torani atau yang dalam bahasa latin bernama Exocoetidae. Ikan ini sebenarnya dapat ditemukan di hampir semua samudra lautan perairan tropis maupun subtropis.

Sebenarnya ikan ini tidak memiliki kemampuan untuk terbang seperti layaknya burung. Namun, ikan ini mampu meluncur dengan cara melompat ke permukaan air sehingga seperti melayang di udara dan orang menganggapnya sebagai ikan yang mampu terbang.

Kemampuan dari ikan tersebut dijadikan sebagai ciri khas dari ikan Torani. Selain itu ciri khas lainnya dari ikan ini yaitu sirip yang berada didadanya berukuran besar. Sirip tersebut tersimpan di bagian samping tubuhnya dan akan mengembang ketikan ikan akan menampakan diri dengan cara meluncur ke permukaan air.

Selain itu beberapa jenis ikan Torani juga memiliki sepasang sirip perut yang berukuran lebih besar sehingga saat melayang seolah-olah ikan tersebut seperti memiliki sayap.

Ikan Torani mampu meluncur ke udara hingga sejauh 50 meter bahkan hingga mencapai 400 meter, sungguh sangat menakjubkan ya?

Umunya ukuran tubuh ikan Torani yaitu sekitar 45 cm namun bervariasi tergantung kepada jenis ikannya. Semua spesies ikan terbang ini termasuk kedalam kategori ikan air asin yang memang keberadaannya di bagian permukaan air.

Ikan Torani ini bertahan hidup denga nmemangsa plankton dan ikan-ikan yang berukuran kecil lainnya. Dalam kehidupannya, ikan terbang tersebu tlebih senang bergerombol atau berkelompok dan melakukan migrasi bersama-sama. Keunikan lainnya dari ikan terbang ini adalah tidak memiliki jadwal untuk musim kawin atau musim kawin yang tidak spesifik sehingga ikan tersebut dapat melakukan perkawinan kapan saja untuk berkembang biak.

Setelah terjadi pembuahan antara ikan jantan dan ikan betina, telur-telur yang dihasilkan oleh ikan betina tersebut akan ditempelkan pada benda-benda yang mengapung di permukaan air laut. hal ini disebabkan oleh habitat asli dari ikan tersebut. Apabila telur-telurikan Torani tersebut menetas maka akan menghasilkan anak ikanTorani yang berukuran lebih panjang dan berwarna-warni.

Ikan Torani memiliki musuh alami dalam kehidupannya yaitu ikan-ikan yang memiliki ukuran lebih besar yang akan memangsaikan terbang tersebut sebagai makanannya. Untuk mempertahankan diri dari musuhnya, ikan Torani menyamarkan warna tubuhnya menyerupai warna yang ada dilingkungan sekitarnya sehingga sulit untuk terlihat musuhnya karena memang ikan terbang tersebut memiliki warna tubuh yang kontras.

Memang selain sulit terlihat oleh musuh, ikan terbang ini juga jarang sekali terlihat oleh manusia. Hanya beberapa waktu tertentu saja ikan-ikan ini akan menampakan dirinya seperti terbang di permukaan laut tersebut.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *