Benarkah Alexander Graham Bell Penemu Telepon? Cek Kebenarannya Berikut!

Benarkah Alexander Graham Bell Penemu Telepon? Cek Kebenarannya Berikut! – Siapa orang yang tak kenal dengan nama yang ditulis pada judul diatas. Lebih dari seabad lalu dimanapun kita bersekolah, kita selalu diperkenalkan kepada beliau sebagai orang yang berjasa atas telekomunikasi yang kemudahannya kita terima saat ini. Namun siapa sangka jika kemudian, sekitar 15 tahun lalu dunia dibuat geger dengan adanya dokumen yang ditemukan.

Untitled

Dimana dalam dokumen tersebut menyebutkan bahwa Alexander Graham Bell tak lebih dari seorang plagiat yang mencuri karya orang lain. Dengan kata lain, ide pembuatan telepon sebenarnya tidak datang dari Graham Bell melainkan dari orang lain sebelumnya.

Adalah buku karangan Seth Sulman yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berjudul “Penemuan Telepon Pertama kali : Mengejar rahasia Alexander Graham Bell” yang mengungkap rahasia tersebut. Pada buku tersebut dikatakan hal-hal sebagai berikut:

  1. Graham Bell terlihat canggung ketika harus mempresentasikan hasil temuannya dan ketika ditantang untuk bersaksi di persidangan, tiba-tiba saja dia memproklamirkan jika telepon adalah temuannya.
  2. Bahwa ide Graham Bell sebenarnya adalah ide curian dari seorang Elisha Gray yang dikenal sebagai pesaing beliau. Dalam buku tersebut juga diungkapkan bahwa Graham Bell yang berprofesi sebagai seorang pengacara adalah orang yang sering mencuri hak paten yang didaftarkan orang lain.

Sebenarnya Graham Bell tidak benar-benar tidak menemukan apapun berkaitan dengan telepon ini. Bersama asistennya, Thomas Watson, Bell membuat sebuah percobaan dengan cara membuat transmisi dari gelombang elektromagnetik di sebuah kabel.

Tapi ternyata percobaan ini gagal. Di tengah-tengah masa percobaan ini yang sempat terhenti inilah, Bell pergi ke kantor paten di Washington. Pada saat itulah Bell dinyatakan telah mencuri ide dengan membuat sketsa transmisi yang sama persis dengan sketsa yang dibuat oleh Elisha Gray.

Lalu benarkah Elisha Gray yang menjadi penemu telepon pertama kali? Jawabannya juga tidak. Karena kejadian ini terjadi sekitar tahun 1876, tidak berselang lama dengan waktu dimana Graham Bell memperkenalkan telepon pertama kali.

Ternyata jika dirunut lebih jauh, di tahun 1871 telah ada seseorang yang mematenkan ide dan konsep telepon pertama kali di kantor paten Washington. Tokoh ini bernama Antonio Meucci, seorang warga negara Italia yang lahir di tahun 1808 dan pindah ke New York di tahun 1850.

Sayangnya pada saat itu Beliau mengalami sakit keras sampai tidak punya biaya untuk berobat. Saat itulah, sang istri menjual semua penemuan beliau termasuk telepon tersebut bahkan dengan harga yang sangat murah, yaitu 6 dollar Amerika.

Akhirnya ketika beliau sudah mulai sembuh, beliau mencoba merakit kembali penemuannya dan mendaftarkan di kantor paten. Sayangnya, paten yang didaftarkan tersebut hanya berusia satu tahun dan harus diregistrasi ulang.

Dengan alasan tak ada biaya, hak paten ini tidak diperpanjang oleh Meucci. Tidak menyerah, sang master berusaha menggandeng pebisnis telegraf saat itu yaitu EB. Grant yang memimpin Western Union. Sayangnya, sang pebisnis memiliki rencana jahat dengan bergabung bersama Bell untuk mengakui telepon sebagai temuan dari Bell.

Meucci mencoba menggugat Bell dan kantor paten di Washington tersebut. Namun dengan kecewa, Meucci harus menerima kekalahan gugatan ini. Akhirnya penantian Meucci terjawab di tahun 2002 yang lalu.

Ketika kongres Amerika mengakui bahwa sebenarnya penemu telepon sebenarnya adalah Antonio Meucci dan bukan Alexander Graham Bell. Sejarah memang harus diluruskan, selain agar generasi kita bisa menghargai para pendahulunya, juga sebagai pelajaran bagi generasi muda. Bahwa kita seharusnya menjadi kreatif dengan ide dan fikiran kita sendiri.

Baca Juga : Sorang Penemu di Bidang Science, Stephen Hawking

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *