Benarkah Bermain Media Sosial membuat Anak Menjadi Malas ?

Mengikuti tren memang di anjurkan, apalagi tren perkembangan teknologi pada masyarakat. Namun perkembangan tersebut tidak boleh di terima secara mentah – mentah tanpa melakukan penyeleksian.

Apalagi salah satu pengguna tren tersebut adalah anak – anak, jadi sangat harus hati – hati dan pengawasan ekstra ketat ketika anak mengikuti tren tersebut.

o 87

Salah satu tren yang sedang berkembang di masyarakat saat ini adalah penggunaan media sosial yang terdapat di berbagai situs. Penggunaan media sosial memang berpengaruh terhadap kehidupan anak, seperti perilakunya, sikapnya bahkan pengetahuannya. Namun tidak dapat dipungkiri, bahwa semua yang ada selalu memiliki 2 dampak, yaitu dampak positif dan negatif.

Ketika dampak yang di berikan positif mungkin akan membuat sebagian orang tua tak cukup khawatir terhadap anaknya, tetapi jika dampaknya tak baik, akan membuat para orang tua takut terjadi hal – hal yang di inginkan.

Salah satu dampak negatif yang di berikan media sosial adalah “MALAS” pada anak. Malas menjadi salah satu akibat perkembangan zaman.Mereka menggunakan media sosial untuk memposting seperti gambar atau tulisan.

Alhasil dari postingan tersebut membuat anak terlalu asyik membalas komentar yang di berikan atau mungkin karena terlalu asyik chat dengan teman membuat mereka akan malas untuk melakukan kewajiban mereka yang lain.

Malas juga membuat mereka  lupa belajar dan mengerjakan  pekerjaan rumah , akhirnya membuat mereka menjadi bodoh. Meskipun mereka tetap belajar, tapi belajar mereka tidak akan semaksimal ketika mereka tidak menggunakan media sosial, karena pikiran mereka sudah terkontaminasi dengan media sosial sehingga ketika belajar tidak berkonsentrasi.

Mereka juga akan malas untuk bertemu atau berbicara saling sapa terhadap teman mereka di dunia nyata, karena mereka merasa sudah menemukan teman yang pas dan asyik di ajak ngobrol di media sosial. Alhasil, mereka melupakan norma – norma yang berlaku pada masyarakat.

Baca Artikel Lainnya :

Untuk menghindari anak menjadi bersikap tak baik karena efek media sosial, alangkah baiknya jika orang tua berperan aktif dalam mengawasi buah hati mereka. karena , jika sedikit saja tidak ada pengawasan terhadap anak akan mengakibatkan perilaku yang tak baik tumbuh dalam diri seorang anak berakibat pada masa depannya.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *