Benarkah Buah Semangka Dapat Menyehatkan Jantung

Jantung adalah salah satu organ vital dalam keseluruhan sistem organ manusia.Wajar saja sebab jantung memiliki tugas penting memompa aliran darah yang mengandung oksigen dan nutrisi keseluruh sel dalam tubuh.

Ada banyak makanan yang memiliki khasiat menyehatkan jantung. Umumnya, makanan yang memiliki efek positif bagi jantung memiliki banyak serat yang sangat efektif menyerap kolesterol dalam darah.

t-80

Beberapa buah-buahan sepertibuah berry sudah terbukti secara klinis memiliki efek yang sangat menyehatkan bagi jantung. Lantas, apakah buah semangka juga memiliki efek serupa? Benar sekali. Ini beberapa alasannya.

  • Semangka memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Hal tersebut berdampak positif untuk mencegah pengerasan arteri dan menambah keelastisannya untuk memompa darah. Bila dikonsumsi secara teratur, buah semangka dapat mencegah darah tinggi dan serangan jantung mendadak.
  • Buah semangka memiliki kandungan konsetrat citrulline yang tinggi. Citrulline merupakan asam amino yang mencegah penumpukan dan timbunan lemak dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah semangka secara teratur, lemak akan semakin berkurang di tubuh Anda dan otomatis mempermudah kinerja jantung.
  • Buah semangka juga mengandung elektrolit alami yang sangat menyegarkan bagi tubuh. Elektrolit tersebut akan secara efektif mengganti kandungan ion yang terlepas dari tubuh, utamanya setelah melakukan pekerjaan berat atau berolahraga.
  • Menurut penelitian tahun 2010 yang dicatat di American Journal of Hypertension, buah semangka mengandung senyawa L-citrulline dan L-arginine yang sangat efektif menjaga tekanan darah tetap stabil.
  • Semangka juga mengandung Lycopene, sebuah antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.
  • Selain itu, semangka juga mengandung senyawa Cucurbitacin E yang sangat efektif mencegah peradangan arteri dan tentu saja menyehatkan jantung.

Itulah beberapa alas an mengapa Anda wajib mengkonsumsi semangka sesering mungkin. Namun, pastikan juga untuk mengkonsumsi semangka yang benar-benar segar. Semangka uang belum dibelah dapat disimpan pada suhu ruangan.

Baca Artikel Lainnya :

Namun, ketika sudah dibelah usahakan untuk memasukkan semangka kedalam lemari es untuk menjaga kesegarannya dan mencegah tumbuhnya bakteri. Selamat menyantap Semangka dan mendapatkan jantung yang sehat!

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *