Benarkah Bumi Terbentuk Dari 2 Planet? Berikut Penjelasannya

Banyak ilmuwan melakukan penelitian demi menemukan jawaban asal usul planet ke tiga ini dalam urutan tata surya. Sebuah planet yang di tinggali berbagai jenis makhluk hidup termasuk manusia. Banyak dari mereka melakukan penelitian dan membuat teori tentang terbentuknya Bumi.

Setelah di adakan penelitian oleh universitas California Amerika Serikat ternyata menyatakan bahwa bumi terbentuk oleh dua buah planet yang bertabrakan. Akibat tabrakan yang sangat keras tersebut membentuk Bulan yang di anggap sebagai bintangnya bumi.

o 24

Sebelumnya para ilmuwan mempercayai bahwa bulan terbentuk dari benturan antara planet Bumi dengan sebuah Planet BernamaTheis yang mengakibatkan goresan dan terbentuklah bulan.

Tetapi jika teori tersebut benar, maka seharusnya komposisi yang dimiliki oleh Bulan berbeda dengan komposisi Bumi. Ternyata kenyataannya adalah, komposisi kimia yang ada pada Bumi dan Bulan sama.

Setelah melakukan penelitian terhadap bebatuan Bulan yang di bawa oleh astronot pada misi Apollo, tenyata para ilmuwan menemukan bahwa isotop oksigen pada Bulan sama seperti di Bumi.

Dari situ dapat disimpulkan, bahwa ketika planet Bumi bertabrakan dengan planet Theia pada masa lalu sangatlah keras, sehingga mengakibatkan Bumi dan Theia menyatu dan membuat membentuk serpihan baru yang bernama Bulan.

Ketua tim peneliti dari UCLA yang bernama Edward Young  mengatakan bahwa para peneliti tidak bisa membedakan dan  menemui sebuah perbedaan pada isotop oksigen Bumi dan Bulan.

Theia bercampur penuh dengan Bumi dan Bulan, sehingga menyebabkan tidak ada perbedaan secara signifikan antara mereka. Tabrakan juga di perkirakan terjadi pada 100 juta tahun yang lalu setelah bumi terbentuk atau sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

Baca Artikel Lainnya :

Para peneliti tersebut menggunakan teknologi terkini dan mutakhir, sehingga untuk melakukan perhitungan sangatlah akurat. Selain itu, Theia diperkirakan akan menjadi sebuah planet besar andai saja tidak pernah menabarak bumi pada masa itu.

Karena planet Theia sendiri sedang mengalami pertumbuhan menjadi sebuah planet. Diperikan juga bahwa ukuran Theia sebesar planet Bumi atau bisa jadi berukuran lebih kecil.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *