Benarkah Gerakan Sit Up Berbahaya?

Benarkah Gerakan Sit Up Berbahaya? – Perempuan mana yang tak ingin perutnya kempes dan ramping? Nah, setiap perempuan juga mengidamkan hal yang sama.

Untuk hal itulah, sit up menjadi alasan mereka supaya mendapatkan perut rata nan ramping. Namun, belakangan, beredar issue yang menyebutkan bahwa gerakan sit up ternyata berbahaya. Benarkah hal tersebut?

3

Sebelum mengulas pertanyaan di atas, saya perlu membenahi mindset Anda tentang sit up dan perut rata. Ya, masalahnya, sit up tidak bisa membuat perut Anda rata, kecuali jika lemak di lapisan awal perut Anda sudah hilang terlebih dahulu.

Namun, meski begitu, sit up masih bermanfaat untuk melatih otot perut supaya tetap menjaga agar perut kita tidak gampang buncit.

Seorang penasihat militer sekaligus pelatih pribadi di Amerika Serikat mengatakan bahwa olah raga sit up adalah salah satu jenis olah raga yang berat dan membebani tubuh, khususnya tulang belakang. Sebab, ketika sit up ruas-ruas tulang belakang terlalu ditekan.

Bahkan, dalam sebuah editorial di Navy Times dituliskan supaya olah raga ini dilarang penggunaannya. Dalam tulisan itu, disebutkan bahwa olah raga sit up adalah olah raga kuno yang berpotensi mencederai tulang belakang bawah.

Tak cukup disitu, penelitian oleh seorang professor biomekanik tulang mendapatkan hasil yang fantastis. Hampir dalam semua percobaan, diketahui bahwa sit up benar-benar membebani ruas-ruas tulang belakang.

Jika terus seperti ini maka jangka pendeknya, kita akan nyeri punggung dan perut, kemudian bisa berpotensi terkena hernia.

Namun, sebenarnya sit up yang bagaimana sih yang berbahaya tersebut? apa semua sit up yang dilakukan semua orang sama-sama berbahaya?

Sit up yang dimaksud berbahaya adalah sit up yang membebankan berat tubuh pada ruas tulang belakang bagian bawah. Selain itu, juga sit up yang dilakukan dengan intensitas tinggi juga tidak baik.

Sebab, seberapa banyak pun kita melakukan sit up, tidak akan berpengaruh kok. Yang penting adalah menjaganya sebisa mungkin secara rutin. Dengan begini, kita akan terhindar dari kram akibat otot jarang digunakan.

Sit up yang membebani tubuh adalah sit up yang dalam prosesnya, kaki diluruskan, bukan ditekuk. Padahal, ini akan membuat kerja kita semakin berat, ditambah kita akan kelelahan juga tentunya.

Baca Artikel Lainnya :

Terlepas dari pendapat setiap orang, asal olah raga dilakukan sewajarnya saja, maka pasti tidak akan ada masalah. Terlebih lagi olah raga yang dilakukan secara rutin, maka otot-otot tubuh tidak akan kaku.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *