Benarkah Jika Nabi Muhammad Merupakan Keturunan Jawa?

Benarkah Jika Nabi Muhammad Merupakan Keturunan Jawa? – Nabi Muhammad SAW lahir pada tahun 570 M. Dari pasangan Siti Aminah dan Abdullah bin Abdul Muttalib. Ayahnya meninggal dunia saat nabi Muhammad SAW masih berada dalam kandungan, menyebabkan ibunya terpaksa melahirkan nabi Muhammad SAW sendirian.

1

Muhammad lantas dikirim tinggal ke padang pasir sesuai dengan tradisi keluarga besar Arab masa itu. Ada dua sumber yang menceritakan mengisahkan alasan mengapa nabi harus dikirim hidup di padang pasir diantaranya yaitu bayi yang hidup di padang pasir mampu belajar disiplin, bebas dan berbudi luhur.

Saat berumur 2 tahun, nabi Muhammad SAW kembali pulang dan bertemu dengan ibunya. Di usia 5 tahun nabi Muhammad SAW bersama ibunya pergi ke yathrib (sekarang Madinah) bertemu keluarga sang ibu dan memperkenalkan kota itu kepada Muhammad kecil, mereka menghabiskan satu bulan tinggal di yathrib.

Sayangnya ketika hendak pulang baru berjalan 23 mil dari yathrib bersama budak mereka Ummi Ayman, Aminah jatuh sakit dan meninggal dunia pada tahun 577 dimana jenazahnya kemudian dikebumikan di desa Abwa’. Muhammad kecil kemudian diasuh oleh kakeknya Abdul Muttalib.

Sebenarnya tidak banyak sejarah mengenai masa muda nabi Muhammad yang dapat menjawab pertanyaan “apa mengenai nabi Muhammad SAW merupakan keturunan jawa yang hidup di arab?”, alasannya akan lebih baik jika melihat pernyataan Cak nun mengenai wacana “kejawaan” nabi Muhammad.

Dugaan pertama adalah karena nabi Muhammad SAW menolak siapapun menggambar wajahnya hanya demi satu alasan, yaitu beliau tidak ingin ada kontroversi yang kemungkinan akan terjadi saat beliau tutup usia mengenai kontur wajah maupun ciri fisiknya yang sementara diduga berbeda dari masyarakat Arab kebanyakan.

Hal lain yang memungkinkan terjawabnya pertanyaan tersebut yakni didapat dari nama sang ibu, yaitu Siti Aminah. Salah satu sumber telah mengonfirmasi bahwa dalam kehidupan masybirat Arab tidak ada satu pun nama Siti yang merupakan penduduk Arab tulen. Kemungkinan lainnya muncul pada saat menelusuri garis keluarga nabi Muhammad SAW yang asalnya dari nabi Ibrahim as dan Siti Hajar.

Nama Siti Hajar sendiri besar dugaannya bahwa nama tersebut bukanlah nama yang umumnya digunakan oleh orang Arab alasannya sederhana karena dalam bahasa Arab hajar berarti batu, dan orang Arab percaya bahwa nama merupakan doa, jadi diperkirakan tidak mungkin seorang Arab menamai anaknya “batu”. Beberapa orang beranggapan bahwa nama Siti Hajar justru datang dari bahasa Jawa dimana Siti memiliki arti tanah atau bumi, sementara Hajar muncul dari kata ajar atau mengajar.

Perlu diperhatikan bahwa dari semua hal yang tertulis di atas, tidak pernah ada konfirmasi nyata ataupun bukti yang menguatkan bahwa nabi Muhammad merupakan keturunan orang Jawa yang tinggal di Arab.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Benarkah Jika Nabi Muhammad Merupakan Keturunan Jawa?

  1. Asmuri Anwar

    Kadang-kadang kita di Indonesia juga menyebut Hawa istri Adam a.s. dengan sebutan Siti Hawa. Hanya di Indonesia saja Khadijah istri Rasulullah SAW juga ditambah dengan prefiks Siti, termasuk Aminah, Aisyah, dan maaaaaaaaasih banyak lagi.
    Padahal sebenarnya Siti itu singkatan dari kata “Sayyidati” yang berarti tuanku, khusus untuk wanita. Untuk pria “Sayyidina”. Karena menurut ilmu “mungkin” saya, orang Indonesia jaman baheula kesulitan menyebut kata sayyidati, maka disingkatlah jadi siti. Akhirnya akronim siti tersebut “mewabah” di Indonesia dan dianggap bagus untuk prefix sebuah nama perempuan, kecuali Syekh Siti Jenar.

    Reply
  2. faqir

    Baginda Rasulullah saw sudah memberitahu di dalam hadis2 sahih, siapa nama nama datuk nenek Baginda Nabi Muhammad saw sehingga kepada Nabi Adam as. Mana datang Jawa dalam darah daging Baginda s.a.w?

    Perbanyakkan membaca dan mengkaji, tanya pada ustaz dan kiyai untuk lebih tahu.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *