Benarkah Minuman Bersoda Sebabkan Gagal Ginjal ?

Benarkah Minuman Bersoda Sebabkan Gagal Ginjal ? – Cola, siapa yang tidak mengenalnya. Minuman ringan ini sangat populer dijajakan di setiap restauran, baik yang modern, maupun tradisional.

1

Keunikan dan kesegaran rasa cola membuat minuman ini menjadi teman wajib untuk berbagai jenis makanan. Cola merupakan minuman yang didalamnya diberikan kandungan asam karbonat sehingga menciptakan gas jika diminum.

Benerapa tahun belakangan ini muncul dugaan efek cola terhadap kesehatan. Cola yang mengandung asam karbonat dipercaya akan mengeroposkan tulang. Sifat asam pada cola akan melarutkan kalsium tulang sehingga menjadi keropos. Dan baru-baru ini Badan Litbang Kemenkes melakukan penelitian awal untuk melihat pengaruh soda terhadap kesehatan ginjal.

Penelitian awal ini cukup mencengangkan. Pasalnya mereka menyatakan bahwa konsumsi soda berlebihan akan menyebabkan gagal ginjal.

Banyak ahli kesehatan dan nutrisi yang mengomentarinya, salah satunya dr. Ari Fahrial yang menyatakan bahwa masih terlalu dini untuk menyatakan bahaya cola terhadap ginjal.

Hal ini dikarenakan penyakit ginjal tidak harus disebabkan oleh soda. Banyak faktor lain yang mempengaruhinya. Anggapan bahwa penyakit ginjal disebabkan oleh soda sebagai faktor tunggalnya dirasa kurang tepat. Disisi lain, konsumsi obat-obatan berlebih, kurangnya minum air putih, dan menahan buang air kecil dapat dikatakan lebih penting ketimbang cola.

Sedangkan Prof. Made Astawan, Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB menyatakan bahwa penyakit ginjal tidak akan muncul hanya karena mengonsumsi soda saja.

Banyak faktor lainnya seperti kurang olahraga dan minum air putih. Penyakit ginjal juga dapat disebabkan oleh tingginya gula darah maupun tensi darah.

Penyakit ginjal sendiri merupakan hilangnya fungsi ginjal dalam menyaring darah. Ginjal sendiri memiliki fungsi dalam mengeluarkan racun yang terkandung di dalam darah dan mengeluarkannya melalui saluran ekskresi. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, darah akan banyak mengandung racun yang sangat membahayakan bagi tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan balitbangkes ini, didapatkan hasil bahwa dengan mengonsumsi minuman bersoda, akan meningkatkan resiko gagal ginjal hingga 6,45 kali dibandingkan orang yang tidak minum cola.

Walaupun hal ini tidak berkorelasi secara langsung, namun diyakini bahwa mengonsumsi soda akan meningkatkan resiko ginjal dengan didukung oleh faktor lainnya, misal kurangnya minum air, dll.

Walaupun penelitian ini masih merupakan penelitian awal, tetapi dapat dijadikan peringatan kita tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat dan memakan makanan yang bergizi. Dengan memakan makanan yang rendah gula dan kolestrol, berolahraga rutin, dan mengonsumsi air putih, akan membantu kami terhindar dari resiko gagal ginjal.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Benarkah Minuman Bersoda Sebabkan Gagal Ginjal ?

  1. Pingback: Bijak Menggunakan Elektronik: Hindari Terpapar Radiasi Berlebih! | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Batu Ginjal dapat Dipicu Sayuran Hijau ? | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *