Benjamin Franklin, Salah Satu Ilmuwan Amerika

Biografi Benjamin Franklin, Salah Satu Ilmuwan Amerika – Benjamin Franklin merupakan seseorang berkebangsaan Amerika Serikat yang memiliki banyak pekerjaan atau banyak sekali yang dapat Benjamin Franklin lakukan serta banyak sekali keahliannya, diantaranya Benjamin Franklin merupakan seorang penulis utama di sebuah penerbitan bahkan Benjamin Franklin juga memiliki penerbitannya sendiri, politikus, tukang pos, ilmuwan, penemu, aktivis sipil, pengarang, diplomat, pejabat dan ahli politik.benjamin

Sebagai seorang ilmuwan, Benjamin Franklin merupakan tokoh utama di dalam sejarah khususnya bidang fisika di Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan penemuan dan teori Benjamin Franklin yang berkaitan dengan listrik.

Sebagai seorang penemu, Benjamin Franklin dikenal karena penemuan penangkal petir, kaca mata untuk melihat jauh dan dekat serta kompor listrik Franklin. Selain itu, masih banyak penemuan – penemuan Benjamin Franklin yang lain. Benjamin Franklin juga menjadi pelopor pengorganisir sebuah organisasi pemadam kebakaran di kota.

Benjamin Franklin mendapatkan sebutan orang Amerika pertama karena kegigihan dan seorang yang memulai kampanye untuk penyatuan colonial. Sebagai diplomat amerika serikat pertama untuk Perancis, Benjamin Franklin memberikan contoh bagaimana seorang diplomat bersikap dalam mewakili negaranya Amerika Serikat.

Banyak sejarahwan Amerika Serikat yang memuji Benjamin Franklin atas apa yang telah dicapainya selama ini untuk kehidupan masyarakat Amerika Serikat serta penemuan – penemuannya yang sangat bermanfaat. Seperti Walter Isaacson mengatakan bahwa karena semua pencapaiannya, ini membuat Benjamin Franklin menjadi orang amerika yang paling banyak karya dan paling berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Amerika Serikat nantinya.

Sebagai seorang penulis dan penerbit, Benjamin Franklin menjadi seorang editor surat kabar yang sukses di Philadelphia. Bersama dua rekannya, Benjamin Franklin mempublikasikan Pennsylvania Chronicle yang merupakan sebuah surat kabar yang mengkritisi kebijakan Inggris. Dan karena pekerjaannya ini Benjamin Franklin menjadi seorang yang kaya raya.

Selain itu, Benjamin Franklin memainkan peranan penting ddalam pendirian universitas Pennsylvania dan dipilih menjadi presiden pertama dari American Philosophical Society. Benjamin Franklin menjadi seorang pahlawan di Amerika Serikat dan ketika Benjamin Franklinmenjadi seorang diplomat, Benjamin Franklin secara luas dihormati dan dihargai di antara orang – orang Perancis sebagai menteri Amerika untuk Paris serta menjadi tokoh utama dalam pengembangan hubungan yang positif antara Amerika Serikat dan Perancis.

Benjamin Franklin juga salah satu tokoh yang memberikan dukungan untuk revolusi Amerika. Benjamin Franklin juga merupakan salah satu yang penandatanganan deklarasi kemerdekaan Amerika. Benjamin Franklin pernah menjabat sebagai seorang gubernur di Pennsylvania sejak tahun 1785 hingga tahun 1788.

Benjamin Franklin merupakan seorang kepala kantor pos pertama di Amerika serta menjadi seorang pembuat perpustakaan umum pertama juga di Amerika. Benjamin Franklin menjadi satu dari orang yang paling berpengaruh bagi orang – orang Amerika Serikat.

Benjamin Franklin telah banyak dihargai dan dihormati di Amerika Serikat terutama setelah kematiannya bahkan hingga dua abad kematiannya pada tanggal 17 April 1790 di Philadelphia Pennsylvania Amerika Serikat. Fotonya atau namanya banyak digunakan di dalam mata uang amerika serikat, kapal perang, nama kota kecil, institusi pendidikan, perusahaan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga : Sir Alexander Fleming Ilmuwan di Bidang Kedokteran

Loading...

One thought on “Benjamin Franklin, Salah Satu Ilmuwan Amerika

  1. Pingback: Pakar Ekonomi, Sosial dan Politik Marxism | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *