Bentuk-Bentuk Kepemilikan Bisnis yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Membuka Perusahaan

Apa yang terlintas di benak Anda ketika akan membuka sebuah kepemilikan bisnis? Apakah pernah terpikirkan oleh Anda mengenai jenis-jenis kepemilikan bisnis yang harus diketahui?

Anda mesti mengetahui bahwa tidak semua kepemilikan bisnis berjenis perusahaan terbatas, namun terdapat sederetan informasi mengenai apa saja jenis kepemilikan bisnis dan ketentuan yang berlaku didalamnya.

Baca Juga : Cara membuat Download Blog

Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini :

  1. CV

CV atau Commanditaire Vennotschap yang merupakan kata yang berasal dari bahasa Belanda. Perseroan komanditer ini merupakan bisnis yang dimiliki dan dijalani oleh dua orang atau lebih dengan penanaman modal di dalamnya.

Terdapat dua bentuk CV yaitu komplementer yang merupakan pengelolaan bisnis berdasarkan modal pribadi dan sekutu komanditer yang merupakan pengelolaan bisnis berdasarkan modal yang terkumpul.

  1. Firma

Merupakan badan usaha yang dijalankan oleh persekutuan yang berada dalam satu nama. Adapun tanggung jawab dan tugas akan dibagi berdasarkan jumlah kepemilikan.

Beberapa aturan yang ditetapkan dalam perundang-undangan mengenai Firma adalah hak untuk menjadi pemimpin, persetujuan perekrutan anggota baru oleh seluruh komponen perusahaan, dan tugas serta tanggung jawab yang diemban secara bersama-sama.

  1. PO

Jika Anda memiliki bisnis yang didirikan sendiri, jenis kepemilikan PO sangat direkomendasikan. Dalam menjalankan bisnis ini, Anda harus siap menanggung sendiri kerugian, namun Anda memiliki hak seutuhnya terhadap perusahaan yang Anda dirikan.

  1. PT

Jenis kepemilikan bisnis yang satu ini merupakan salah satu bisnis yang sering dikelola. Terdapat beberapa unsur dalam mendirikan perusahaan terbatas ini yaitu pendiri utama, sekutu, dan pihak yang menanam saham.

  1. Koperasi

Koperasi merupakan jenis kepemilikan bisnis yang didirikan oleh wakil presiden pertama Republik Indonesia. Pendirian koperasi ini terbilang sangat menolong pelaku usaha menengah dengan menganut asas kekeluargaan.

  1. Persero

Perseroan Terbatas Negeri atau pada saat ini lebih akrab dikenal dengan sebutan Persero. Sesuai dengan namanya, pendirian perusahaan ini dimodali seutuhnya oleh negara dengan pimpinan tertinggi dipegang oleh direksi.

  1. Perum

Perum atau Perusahaan Negara Umum merupakan jenis kepemilikan bisnis yang bertujuan untuk mendapatkan untung dengan memberikan pelayanan yang maksimal. Perum bergerak pada bidang usaha yang melekat pada masyarakat.

  1. Perjan

Perjan atau Perusahaan Negara Jawatan merupakan jenis kepemilikan bisnis yang berfokus kepada kesejahteraan masyarakat seperti fasilitas-fasilitas negara.

  1. Perusahaan Daerah

Berbeda halnya dengan Persero, Perusahaan Daerah dimodali seutuhnya oleh daerah yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan di daerah.

Nah, itulah beberapa bentuk badan usaha yang mesti Anda ketahui sebelum membuka perusahan. Jadi, bentuk perusahaan manakah yang akan menjadi tujuan Anda?

Baca Juga : Cara Mengganti URL FanPage

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *