Bentuk Struktur dari Nukleotida dan Macam Mutasinya

Bentuk Struktur dari Nukleotida dan Macam Mutasinya – Mendalami ilmu biologi memang tak terlepas dari nama-nama ilmiah nan penuh makna. Seperti halnya Nukleotida yang termasuk sebuah bangunan DNA dan RNA.

1

Dari pembentukan itu akan tersusun sebuah sistem dan struktur dimana nukleotida itu memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dalam susunannya, DNA yang dimiliki manusia itu mencakup pada deretan nukleotida yang berpasangan.

Setidaknya terdapat 3 miliar pasangan nukleotida yang menjadi pasangan basa. Sehingga bila dijabarkan lagi akan ada 6 milyar individu dari molekul nukleotida. Di samping itu, mereka akan tersusun dan terstruktur oleh DNA dalam mempermudah proses penyimpanan dan pemindahannya.

Peran penting nukleotida

Bilamana dijabarkan lebih lengkap lagi, nukleotida itu merupakan komponen penting yang bekerja bersama DNA. Di samping itu terdapat peran penting yaitu sebagai unsur yang untuk menyusun rumus khusus dalam membuat komponen kimia penting di dalam tubuh, seperti protein.

Selain itu, ada pula bagian yang disebut dengan junk DNA yang mana komponen ini tak bekerja seperti seharusnya yaitu membuat kode untuk penyusunan apapun itu. Dalam penyusunan DNA dengan protein yang berasal dari peran nukleotida ini menciptakan sebuah deretan asam amino sebagai bentuk hasil dari protein spesifik.

Sisi penting dari nukleotida memang tak ada habisnya. Yakni peran dalam mutasi DNA yang membutuhkan nukleotida sehingga dapat menghindarkan resiko suatu penyakit. Adanya mutasi gen bisa saja mengganggu dan menjadi masalah akan tetapi semua itu bisa dicegah dengan hadirnya peran nukleotida secara dasar.

Dari mutasi nukleotida ini bisa saja terjadi secara acak dan tak menentu yang ada di setiap organism. Namun setiap organism yang semakin cepat dalam memproduksi maka akan menjadikan bakteri dan virus yang rentan dengan mutasi. Penyebabnya ialah adanya sebuah ketergangguan dalam pengembangan suatu vaksin baru yang akan melawan suatu resiko yang mungkin terjadi.

Terdapat rancangan khusus yakni dalam struktur nukleotida yang meliputi deretan bangunan monomer dari asam nukleat dengan jumlah gula sebanyak 5 karbon, basa nitrogen dan gugus fosfat. Nama dari nukleotida ini berasal dari nitrogen basa dan gula yang saling menyatu.

Seperti contohnya ialah nukleotida dengan guanosin sebagai basa nitrogen dan deoksiribosa sebagai unsur gula yang akhirnya unsur ini disebut dengan nukleotida DNA. Tepatnya terdapat delapan nukleotida yang berbeda-beda di dalam DNA dan juga RNA, yaitu:

  • RNA meliputi guanosin, uridin, adenosine, dan sitidin.
  • DNA termasuk deoksiadenosin, deoksitidin, deoksiguanosin dan deoksitimidin.

Selain itu ada jenis nukleotida yang penting dan mempunyai peran di dalam sebuah metabolism seperti contoh dari sel sinyal GTP dan ATP yang kesemua itu berfokus pada sebuah ikatan nukleotida di RNA dan DNA.

Namun bilamana terjadi rantai polimer atau multi unit yang membuat DNA dan RNA maka nukleotida akan menyatu satu dengan yang lain melalui tulang punggung gula fosfat. Hal ini bisa saja terjadi saat satu nukleotida mempunyai unsur gula di atasnya. Peristiwa ini akan dimungkinkan terjadinya ikatan kovalen kuat dengan nama ikatan fosfodiester.

Sisi lain dari ikatan antara fokus tersebut dapat terjadi karena adanya DNA sebagai molekul dengan untaian ganda. Bahkan dua dari rantai polimer itu perlu berlawanan satu sama lain seperti bentuk anak tangga yang berlengkok. Dari satu anak tangga tersebut akan memiliki unsur neukleotida yang saling terhubung melalui ikatan hydrogen.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Bentuk Struktur dari Nukleotida dan Macam Mutasinya

  1. Pingback: Jenis dan Varian Mutasi Kodon Stop | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *