Berapa Durasi Untuk menonton TV Tiap harinya?

Meski televisi sarat dengan tayangan edukatif seperti membantu anak-anak serta balita belajar abjad atau menyerap informasi seputar dunia dan lain sebagainya, sering menonton televisi akan dapat memberikan dampak buruk yang pada kesehatan anak, seperti :

e 5

1. Mengganggu Kesehatan Emosi dan Mental

Hasil penelitian menemukan bahwa anak-anak atau balita yang lebih banyak menonton televisi memiliki kecenderungan memiliki emosi dan mental yang negatif dan dapat menambah tingkat risiko gangguan kepribadian menjadi anti sosial.

2. Berisiko Membuat Anak mengalami Kegemukan

Anak yang secara konsisten menghabiskan menonton televisi lebih dari 4 jam setiap harinya, memiliki kecenderungan memiliki masalah obesitas atau berat badan berlebih. Ingat, saat makan anak-anak perlu untuk fokus pada makanan yang disantap.

3. Gangguan penglihatan

Kesehatan mata anak juga bisa terganggu karena menonton televisi terlalu lama, apalagi bila pencahayaan di dalam ruangan menonton televisi kurang terang. Di samping itu, sinar biru pada televisi juga tidak baik untuk kesehatan mata anak.

Sinar biru ialah sinar dengan panjang gelombang cahaya 400-500 nm yang bisa berpotensi terbentuknya radikal bebas dan menimbulkan fotokimia di retina mata anak. Lensa mata anak belum dapat menyaring bahaya sinar biru dan masih peka. Karena itulah risiko terburuk kerusakan akibat sinar biru pada usia dini.

4. Sebabkan Anak mengalami Gangguan Tidur

Televisi memiliki gelombang yang bisa bepengaruh pada rutinitas tidur sang anak. Jadilah orang tua yang dapat memegang kendali dalam penggunaan televisi di rumah. Poin penting lainnya yang harus diperhatikan orangtua ialah isi atau konten dari program televisi yang akan ditonton anak.

Pastikan acara yang mereka tonton merupakan program acara yang memiliki kualitas yang baik dan disesuaikan dengan usia mereka.

Sebuah penelitian di Australia menyebutkan bahwa kebiasaan menonton TV terlalu lama sanggup mempersingkat umur sebanyak 21 menit. Lalu, apa yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi?

‘Saat Anda sedang menonton TV, Anda pasti akan duduk diam dalam jangka waktu yang lama. Kebiasaan ini dapat membuat seluruh sistem dan metabolisme tubuh anda terganggu. Sama seperti mesin yang akan menjadi rusak akibat terlalu lama diam atau jarang bergerak, begitu pula dengan tubuh Anda.

Dan ketika seluruh sistem di dalam tubuh anda terganggu, maka penyakit kronis yang dapat memperpendek usia, dapat dengan mudah bersarang di tubuh’ menurut hasil penelitian ini.

Dampak buruk ini ternyata tidak hanya terjadi karena menonton TV saja, sebab terlalu lama duduk diam (jarang bergerak) saat sedang bekerja atau saat sedang menyetir juga memiliki efek mengerikan yang sama.

Sangat tidak disarankan untuk membiasakan anak balita menonton televisi. Selain membuatnya kurang bergerak, menonton televisi lebih dari 3 jam setiap hari dapat merusak kemampuan berbahasa dan kemampuan matematika sang anak.

Para ahli merekomendasikan sebaiknya durasi balita menonton televisi sebaiknya tidak lebih dari 2 jam setiap harinya. Setiap tambahan jam yang dihabiskan dengan menonton televisi akan menurunkan kemampuan akademisnya.

Kebiasaan menonton televisi akan membuatnya menjadi sulit berkonsentrasi. Duduk diam dalam waktu lama juga bisa membuat fisik anak menjadi kurang fit dan dapat mengalami kesulitan psikososial sehingga ia rentan untuk di-bully oleh temannya.

Anak yang menonton televisi lebih dari 3 jam setiap hari juga dapat mengalami kesulitan dalam kemampuan berbahasa dan matematika.

Profesor Linda Pagani dari Universitas Montreal, mengatakan bahwa orangtua harus memberi batas waktu menonton televisi anak mereka tidak lebih dari dua jam setiap hari.

Baca Artikel Lainnya :

Pagani melakukan pengamatan terhadap 991 anak perempuan dan 1006 anak laki-laki di Quebec, Kanada, yang berusia 29 bulan. Orangtua anak-anak itu diwawancarai untuk mengetahui kebiasaan menonton televisi sang anak dan perkembangan kemampuan sang anak.

Hasilnya, anak yang nonton televisi sekitar 3 jam merasakan dampak negatif lebih banyak dibandingkan dengan anak yang durasi menonton televisinya sekitar 2 jam.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *