Berapa Lama Kafein Bertahan Dalam Tubuh?

Berapa Lama Kafein Bertahan Dalam Tubuh? – Kafein merupakan pembangkit energy dikala kita lemas bagi sebagian orang. Kafein biasanya terdapat di teh, kopi, cokelat, minuman berenergi,dan lain-lain.

1

Pernahkah anda berfikir berapa lama kafein akan diserap tubuh? Kafein diserap darah serta jaringan tubuh dalam 45 menit. Tapi butuh waktu lebih lama untuk tubuh memecah kafein itu. Waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan kafein adalah 4 jam. Namun,butuh waktu 12 jam untuk kafein benar-benar hilang dari tubuh.

Menurut James Lane,peneliti dari Duke University of Medical School mengatakan bahwa kafein bertahan 3 jam lebih pendek pada perokok. Namun 4 jam lebih lama bagi wanita yang menggunakan pil KB.

Kehamilan juga bisa berpengaruh karena pada saat hamil,kafein butuh 10 jam lebih lama untuk hilang terlebih di akhir masa kehamilanya. Itu sebabnya mengapa efek kafein memudar saat mau tidur dan kita merasa ingin mengkonsumsinya kembali esok hari.

“Rasa cemas, bingung, sakit kepala, badan pegal adalah gejala ketagihan kafein yang dikonsumsi kemarin.”kata Lane. Gejala-gejala itu akan hilang bila minum secangkir kopi atau minuman lainnya.

Walaupun begitu, kopi juga minuman lain yang mengandung kafein didalamnya memiliki manfaat untuk kesehatan, dengan catatan harus ada batasan dalam mengkonsumsinya.

Terlalu sering dan banyak minum kopi bisa menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan seperti naiknya asam lambung bagi mereka yang memiliki lambung yang sensitive.

Terlalu sering mendapat asupan kafein ternyata tidak baik bagi manusia. Kafein bisa memperburuk kondisi jantung jika terus-menerus masuk kedalam tubuh. Bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kafein, anda bisa mencoba makan apel. Apel memiiliki kandungan kafein yang lebih baik dari kopi.

Baca Artikel Lainnya :

Kafein pada buah apel lebih alami. Selain anda mendapat manfaat dari buahnya yang bisa meremajakan kulit anda,anda juga bisa tetap bugar dan fit karena terdapat kafein alami didalamnya.

Kafein pada apel memang tak bertahan terlalu lama sehingga anda akan tetap mudah ngantuk. Namun yang membuatnya berbeda,kafein pada buah apel lebih mudah dicerna dan diuraikan oleh tubuh.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *