Berapa Penting Menerapkan Pertanian Organik?

Berapa Penting Menerapkan Pertanian Organik? – Seperti kita bersama, bahwa unsur hara dalam tanah merupakan sumber asupan utama bagi tanaman hingga mampu memberikan hasil yang optimal. Tanpa adanya unsur hara ini, maka layaknya manusia yang tidak pernah makan, mereka akan mengalami gangguan metabolisme atau bahkan malah mati. Penggunaan bahan kimia yang terkandung dalam pupuk tanaman, bila terkosentrasi dalam tanah dengan jumlah besar tentu akan dapat mematikan unsur-unsur hara dalam tanah yang berfungsi sebagai sumber makanan bagi tanaman tersebut.

hnm

Penerapan sistem pertanian secara organik, pada dasarnya adalah untuk memperbaiki sifat dan kondisi tanah setelah penggunaan bahan kimia diberikan pada tanaman. Hal ini tentu dimaksudkan untuk membatasi munculnya dampak negatif yang bisa ditimbulkan akibat dari penggunaan bahan-bahan kimia dalam proses pertumbuhan tanaman. Oleh sebab itulah saat ini pemerintah mulai mencanangkan penerapan sistem pertanian secara organis karena:

  • Menurunnya daya ketahanan pangan yang disebabkan rendahnya hasil produksi tanaman-tanaman yang dikategorikan untuk mencukupi bahan pokok makanan,
  • Munculnya berbagai persoalan terkait kondisi lingkungan pertanian saat ini sebagai akibat dari pemanfaatan produk-produk kimiawi untuk merangsang pertumbuhan tanaman,
  • Pelestarian tanah sebagai salah satu cara agar terjadi proses metabolisme yang baik dalam tanah, menjadi sesuatu hal yang wajib dilakukan agar generasi mendatang masih bisa memanfaatkan tanah secara maksimal.

Penggunaan sistem pertanian secara organik, berdasarkan hasil penelitian mampu mengembalikan produktivitas tanah yang berimbas pada meningkatnya jumlah hasil produksi tanaman yang ditanam pada tanah tersebut. Produktivitas tanah bisa dicapai secara optimal bila mikroba yang ada pada tanah semakin banyak dan beragam sebagai akibat penggunaan bahan organik ini, karena mikroba berfungsi untuk:

  1. Pengomposan bahan organik yang bisa digunakan pada tanah,
  2. Pupuk hayati, selain bisa menghemat biaya produksi, pupuk ini juga mampu mengembalikan kesuburan tanah yang tereduksi akibat penggunaan bahan kimia.

Dengan penggunaan sistem pertanian secara organik maka secara tidak langsung kita juga akan memberikan kesempatan pada tanah untuk tetap bernafas, dalam artian tidak melulu selalu diambil atau diperas kegunaannya namun juga dipelihara hingga tetap dapat hidup dan berguna secara berkelanjutan.

 

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *