Berbagai Daerah Wisata di Bengkulu

Bunga Raflesia adalah bunga endemik khas Indonesia yang berasal dari daerah Bengkulu, selain bunga tersebut masih banyak lagi objek wisata dari daerah Bengkulu, banyak sekali daerah wisata yang memiliki nilai sejarah yang tinggi seperti Benteng Marlborough yang menjadi peninggalan dari Inggris pada saat menjajah Belanda sebelum Indonesia dijajah oleh Belanda, Benteng ini dibangun sekitar tahun 1713 – 1719 serta memiliki luas sebesar 240 x 170 Meter.

fu 38

Kemudian terdapat juga rumah pengasingan yang digunakan Bung Karno salah satu pahlawan Indonesia yang membebaskan Indonesia dari belenggu penjajahan yang dilakukan oleh negara asing. Pengasingan ini ditinggali oleh Bung Karno sampai beliau wafat karena penyakit yang dideritanya.

Rumah ini ditinggali oleh Bung Karno sekitar 4 Tahun antara tahun 1938 – 1942 dengan ukuran 9 x18 Meter. Dalam rumah pengasingan ini memiliki desain arsitektur khas Tionghoa dikarenakan sebelum Bung Karno mendiami tempat ini seorang pedagang keturunan Tionghoa telah mendiami rumah tersebut terlebih dahulu.

Selanjutnya adalah rumah ibadat Masjid Jamik Bengkulu yang dibangun oleh Bung Karno pada saat berada dirumah pengasingannya, Bung karno menciptakan sebuah hasil karya dalam rumah ibadat ini yaitu bentuk atap yang menyerupai sebuah limas yang menunjukan perkembangan dari budaya yang bercampur di Bengkulu.

Tempat bersejarah berikutnya berupa sebuah museum di Bengkulu dalam museum ini terdapat 6.000 koleksi yang dibagi menjadi 10 kategori yang terdapat di daerah Bengkulu dan merupakan peninggalan bersejarah kerajaan-kerajaan di daerah Bengkulu. Setelah wisata bersejarah kita beralih ke wisata alam yaitu pantai pasir panjang merupakan pantai yang tidak memiliki batu karang sehingga apabila pantai tersebut mengalami pasang surut dapat mencapai 500 meter.

Kemudian terdapat pantai tapak pederi yang merupakan tempat dari festival Tabot untuk memperingati wafatnya Husein Bin Ali Bin Abu Thalib, selain itu di daerah ini banyak sekali kesenian khas Bengkulu yang ditampilkan.

Bengkulu memiliki daerah wisata yang unik yaitu Danau Dendam Tak sudah yang konon katanya danau ini bercerita tentang seorang kekasih yang memiliki hubungan tanpa restu dari kedua orang tuanya dikarenakan hubungan yang memburuk, sehingga daerah wisata ini dinamakan Danau dendam tak sudah.

Selanjutnya daerah Pulau Tikus yang merupakan daerah wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan dalam pulau ini memiliki daerah yang luas sebesar 2 hektar. Yang menarik dari pulau ini adalah daerah ini merupakan daerah tempat penyu bertelur, hewan ini bertelur pada malam hari dan biasanya adalah penyu hijau dan penyu sisik.

Nah, bagaimana? Banyak sekali daerah-daerah wisata yang terdapat di Bengkulu bukan? Cocok untuk anda yang ingin menghabiskan waktu liburan. Nah, jangan lupa berkunjung ke Bengkulu ya!

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *