Berbagai Hal Tentang Purin

Berbagai Hal Tentang Purin – Purin sendiri ialah salah satu dari keluarga molekul yang memiliki kandungan nitrogen yang sering di sebut dengan basa nitrogen. Basa nitrogen ini yang di perlukan untuk membangun materi genetik yang berada di setiap organisme hidup.

Untitled

Zat yang umum seperti kafein ialah purin. Purin ini pun juga di gunakan untuk mengembangkan berbagai macam obat penting, mereka ini juga bagian penting dari adanya DNA. Hal ini akan menempatkan purin dan primidin yang sangat penting dari adanya molekul biologis.

Struktur

Semua purin memiliki struktur yang lebih dari satu atau double. Cincin yang berasal dari anggota 6 akan di rekat dengan cincin yang memiliki anggota 5. Cincin purin ini dianggap sebagai molekul heterosiklik yang mempunyai arti cincin tertutup yang memiliki kandungan sedikit dari 2 macam atom.

Di tiap cincin purin memiliki kandungan 2 asam nitrogen dan atom ini berada di posisi yang sama setiap purin. Sisa posisi lima di dalam cincin di tempati oleh atom karbon. Cincin purin ini dikelilingi atom hidrogen yang mampu diganti dengan atom yang lain atau kelompok atom demi membentuk purin yang sangat berbeda.

Diagram bola serta tongkat purin tergambar. Di dalam representasi ini atom karbon memiliki warna hitam, atom nitrogen memiliki warna biru serta untuk hidrogen memiliki warna perak.

Bila sudah begitu akrab dengan adanya poirimidin, yakni keluarga lain yang berasal dari basa nitrogen, Anda bisa mengenali single yang satu ini. Cincin pririmidin memiliki anggota 6 pada sisi kiri yang berasal dari struktur double cincin purin. Maka tidak mengherankan bila struktur yang serupa mereka ini keluarga basa nitrogen akan berbagi sifat kimia yang begitu mirip.

Untuk diagram bola serta tongkat, akan begitu membantu untuk memahami struktur dari molekul. Ahli kimia sering menggunakan notasi garis sebagai cara untuk menggambar molekul kompleks.

Apa peran purin di kedokteran serta alam?

Tahukah Anda bila purin ini begitu melimpah di alam? Bahkan berbagai ilmuan pun mempercayai jika purin ini berasal di antara molekul yang berada di bumi primitif sebelum adanya asal usul kehidupan. Isolasi dari meteroit yang terbentuk saat tata surya lahir pun juga memberi bukti jika molekul ini mampu hadir pada sistem tata surya yang lainnya pula.

Purin ini bisa di temui di berbagai organisme hidup dari virus yang begitu sederhana untuk makhluk yang multi seluler yang amat kompleks. Tanpa adanya purin, kromosom yang Anda miliki serta materi genetik yang berada di dalam virus serta bakteri tidak akan ada. Sel-sel hidup tidak akan dapat menghasilkan energi atau mensintesis sebagian dari molekul yang mereka butuhkan bila bukan karena purin. Banyak sekali senyawa nabati yang sangat penting seperti theobromine dan kafein, keduanya juga merupakan purin.

Setelah ilmuan mempelajari cara purin yang terpenting di dalam organisme hidup serta cara mereka masuk di dalam rangkaian kejadian, maka tidak butuh waktu lama untuk lebih mengembangkan obat berdasarkan cincin purin.

Purin di dna dan rna

Salah satu peran yang sangat penting ialah purin yang bisa melayani di dalam pembangunan DNA serta RNA. Purin dan pirimidin ini akan di pasangkan serta memiliki fungsi sebagai blok bangunan yang diperlukan untuk RNA. Purin ini juga sangat di perlukan demi mensintesis RNA, yang selanjutnya dipergunakan untuk memproduksi segala protein yang berasal di dalam sel Anda.

Baca Juga : Apa Itu Cetakan DNA?

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Berbagai Hal Tentang Purin

  1. Pingback: Kenali Fungsi Lengkap dari Thiamin | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *