Berbagai Macam Ciri Mollusca dan Klasifikasinya

Berbagai Macam Ciri Mollusca dan KlasifikasinyaSalah satu golongan hewan yang sering kita jumpai bahkan ada yang dijadikan konsumsi oleh manusia adalah aMollusca. Berasal dari bahasa latis yaitu molluscus yang berarti lunak, mollusca merupakan golongan hewan yang memiliki tubuh lunak. Dikatakan lunak karena keseluruhan tubuhnya tidak mempunyai rangka tubuh sehingga bergerak bebas. Hewan golongan ini banyak hidup pada wilayah daratan, namun ada juga yang hidup di perairan tawar serta lautan. Ciri lain dari hewan ini biasanya memiliki cangkang dengan kapur sebagai tempat tinggalnya.

Hewan ini juga tergolong sebagai hewan sempurna karena telah memiliki sistem ekskresi yang lengkap, sistem respirasi sempurna dan juga sistem pencernaan kompleks. Adapun untuk pengklasifikasian dari hewan ini bisa disimak sebagai berikut.

Kelas aplacophora

Merupakan golongan hewan mollusca yang tidak memiliki cangkang, namun memiliki sebuah mantel liat yang menyelubungi seluruh tubuhnya. Bentuknya sangat mirip dengan cacing namun memiliki organ-organ metabolisme yang lebih sempurna.

Kelas monoplacophora

Salah satu ciri fisik khusus yang dimiliki hewan ini adalah adanya cangkang tunggal pada salah satu sisi tubuhnya serta terdapat insang ganda yang berfungsi sebagai alat respirasi ketika berada dalam air maupun udara terbuka.

Kelas polyplacophora

Contoh dari jenis ini adalah cryptochiton sp atau disebut juga chiton, dengan ciri-ciri seperti:

  • Bertubuh simetris bilateral dimana kakinya berada pada ventral memanjang,
  • Memiliki insang pada bagian mantel, dan biasanya hidup menempel pada batu-batuan,
  • Berjenis kelamin terpisah antara jantan dan betina, namun ada juga yang bersifat hermaprodit.

Kelas scaphopoda

Ciri utama dari jenis hewan ini adalah adanya cangkang yang bentuknya mirip sekali dengan pena untuk menulis serta memiliki gading seperti gajah yang memanjang. Adapun untuk bagian mulut, terdapat sebuah tentakel disana dimana fungsinya untuk menangkap makanan yang berupa mikro flora/fauna. Memiliki kaki yang runcing dimana fungsinya untuk menggali lumpur pada kedalaman laut tempatnya dia hidup, hewan ini bernafas melalui rongga mantel tanpa bantuan insang.

Kelas gastropoda

Hewan pada klasifikasi ini memiliki ciri khas tentakel pada kepalanya. Tentakel ini ada yang berjumlah dua atau empat, dimana pada setiap ujung tentakel terdapat sebuah bintik mata sebagai fotoreseptor. Ciri lain dari hewan kelas ini adalah sebuah kaki pipih yang berotot untuk merayap, serta yang paling mudah dikenali adalah cangkangnya. Alat pernafasan terdiri atas insang atau paru-paru, tergantung dimana tempat tinggalnya.

Kelas cephalopoda

Hewan dengan ciri khas kakinya yang terletak pada kepala serta tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsanya ini, mampu menghasilkan cairan tinta yang berfungsi untuk mengelabui musuh yang ingin memangsanya.

Kelas Pelecypoda

Memiliki kaki yang pipih seperti kapak, hewan yang banyak hidup di air tawar ini memiliki insang yang berbentuk seperti lembaran. Terdapat sebuah otot aduktor yang berfungsi untuk menggerakkan cangkang dari hewan ini.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Berbagai Macam Ciri Mollusca dan Klasifikasinya

  1. Pingback: Tujuan dan Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Bagaimana Tahap Reproduksi Virus? | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *