Berbagai Macam Contoh Evolusi Konvergen

Berbagai Macam Contoh Evolusi Konvergen – Salah satu contoh yang begitu dramatis dari adanya seleksi alam ialah hasil adaptasi untuk menanggapi kondisi dari tekanan iklim.

1b

Seleksi ini mampu menyebabkan spesies yang sama sekali tidak terkait menjadi begitu mirip satu dengan yang lainnya dalam fungsi serta penampilan. Ada fenomena yang terkenal sebagai konvergensi di situasi lain. Sub-populasi sebuah spesies bisa di bagi menjadi berbagai spesies yang terpisah hasil dari adanya seleksi alam. Perbedaan ini terlihat di pulau-pulau kecil.

Evolusi konvergen

Evolusi konvergen sendiri terjadi saat organisme dari keturunan evolusi yang sangat berbeda berevolusi mirip dengan kondisi lingkungan sama. Hal ini bisa terjadi saat organisme yang jauh terpisah karena adanya perbedaan geografis.

Contoh klasik dari adanya evolusi konvergen ini ialah cactaceae, Amerika dengan euphobrs, famili kaktus, famili spurge yang berasal dari Afrika Selatan. Keduanya memiliki evolusi yang begitu tinggi, mempunyai sukulen atau mampu menyimpan air saat berada di gurun.

Kaktus yang sangat primitif menyerupai anggur, serta tanaman tropis yang berasal dari genus pereskia. Kaktus yang tinggal dan tumbuh pulau tropis di Amerika Tengah, Thewest Hindia dan Amerika Selatan, anggota kaktus ini mulai menjalani berbagai seleksi dengan menggunakan fitur adaptif karena kondisi yang mengering maupun panas.

Batang menjadi begitu besar serta menyimpan air yang di pergunakan untuk jaringan penyimpanan air yang sangat luas di bentuk di empulur atau pun korteks. Daun akan jauh lebih berkurang. Untuk banyak spesies kaktus seperti opuntia atau pir berdusi, pasak silinder yang berubah mengerut, daun kecil, serta rontok setelah 1 bulan atau lebih.

Kebanyakan kaktus memiliki bentuk pangkal yang berada di bagian bawah serta tetap sebagai bongkol yang berukuran kecil, jaringan yang terkait tunas yang ada di bawah. Beberapa kaktus bongkolini akan membesar serta di kenal sebagai tuberkulum. Tunas ketiak yang berada di kaktus bergitu khusus ini di kenal dengan sebutan areola. Daun yang berasal dari areola akan di reduksi menjadi satu duri.

Terkhusus pada kaktus kolumnar, areola akan diatur di dalam garis yang berbentuk membujur di sepanjang batang ganda yang bergerigi. Kemungkinan pengecualian yang berasal dari Genus Rhipsalis serta mempunyai sebuah spesies ada di Afrika, Australia, Eurasia. Contoh yang begitu menonjol ialah euphorbia yang berasal dari Afrika Selatan.

Evolusi Divergen

Berbagai contoh yang begitu terkenal dari evolusi berbeda ada di kepulauan Galapagos. Galapagos sendiri terdiri atas 14 pulau vulkanik. Terletak sekitar 600 km barat Amerika Selatan. Ada 543 spesies yang di temukan di pulau. 231 lainnya ialah endemik yang berada di tempat lain bumi. Berbagai macam jenis benih ada di pulau dengan melayang ataupun terbawa air.

Dengan sedikitnya pesaing serta banyak sekali habitat terbuka yang sangat berbeda bentuk dari varian masing spesies bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi tertentu menggunakan sebuah proses yang terkenal sebagai radiasi adaptif. Spesies yang begitu cocok untuk masing habitat yang tertentu ini terus menerus di pilih di produksi serta keturunan yang berasal dari habitat tersebut.

Contoh yang sangat baik serta berbeda, ada di Galapagos terjadi pada Cactaceae serta Euphorbiaceae. 18 spesimen serta berbagai kaktus ditemukan pada pulau-pulau. Kesemua penemuan ini ialah endemik. Semak gulma Eurasia ialah nenek moyang yang berasal dari brokoli, kembang kol, kale, kubis. Semua sayuran-sayuran ini memang dianggap memiliki spesies yang sama.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *