Berbagai Macam Ikan Hias Air Tawar

Indonesia memang menjadi negeri yang kaya, tak hanya budaya melainkan juga flora dan fauna yang ada di dalamnya, diantaranya adalah ikan. Berbagai jenis ikan bisa dengan mudah anda temukan disini, baik yang untuk konsumsi maupun jenis ikan hias. Untuk asal muasalnya sendiri tak semuanya asli Indonesia memang, namun sebagian diantaranya merupakan pembibitan dari luar negeri.

1

Nah berikut ini kita simak lebih dalam mengenai jenis ikan apa hias air tawar apa saja yang ada di Indonesia:

  • Ikan koi, jenis ikan yang satu ini memang cukup populer beberapa tahun lalu, begitu juga hingga saat ini, mulai dari bentuknya yang unik hingga pilihan warna yang beragam membuat kolektor ikan menyukainya untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Ikan dengan nama lain cyprinus carpio L ini pertama kali dipopulerkan di Jepang, yaitu merupakan ikan hasil persilangan pada tahun 1820 an, pada awalnya hanya terdapat beberapa warna saja, namun hingga saat ini sudah banyak varian warna dari ikan koi hasil persilangan. Satu hal yang perlu anda ingat jika ingin memelihara ikan air tawar ini hindari pemeliharaan pada akuarium, utamakan di kolam agar perkembangannya bisa lebih maksimal.
  • Ikan cupang, tak kalah dengan koi banyak juga para kolektor yang menyukai memelihara ikan ini, bentuknya unik dengan pilihan warna yang beragam ikan bernama lain Betta sp ini merupakan endemik asli negara Asia Tenggara, jadi ukup mudah untuk menemukannya, namun untuk masalah harga juga cukup mahal, paling tidak jika anda ingin memeliharanya sendiri harus menyiapkan akuarium dengan aerotor agar mendapatkan oksigen yang pas.
  • Ikan arwana, jenis yang satu in9 juga cukup populer pada beberapa tahun lalu, bahkan harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah, ikan yang satu ini merupakan asli perairan Kalimantan dan juga papua, dan dikenal karena memiliki ciri khas berupa dua buah kumis di bagian depan. Tak heran jika banyak yang memburunya untuk dijadikan sebagai hiasan.
  • Ikan koki, merupakan ikan yang masih memiliki kekerabatan yang dekat dengan ikan mas, jadi untuk masalah warna memang menyerupai ikan tersebut, namun ukurannya jauh lebih kecil, Tulungagung sendiri merupakan wilayah yang banyak menghasilkan ikan koki dari budidaya, bahkan tak tanggung-tanggung mereka mengekspornya hingga luar negeri.
  • Ikan guppy, ikan mungil ini sangat cantik dengan berbagai pilihan warna, meskipun bukan asli Indonesia namun sudah banyak tersebar di seluruh negara Indonesia melalui hasil perkawinan sehingga menciptakan varian baru.
  • Ikan louhan, jika anda bertandang ke beberapa tempat pembudidayaan ikan hias maka tak sulit mendapatkannya, namun ditawarkan dengan harga yang cukup mahal.

Tertarik untuk memiliki salah satunya?

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *