Berbagai Macam Jenis Hutan Serta Manfaatnya bagi Kehidupan

Berbagai Macam Jenis Hutan Serta Manfaatnya bagi KehidupanNegara Indonesia yang berada pada wilayah iklim tropis, mempunyai peluang yang cukup besar untuk mengembangkan kawasan hutannya hingga lebih bermanfaat bagi kehidupan.

a

Sayangnya, karena naluri alamiah manusia yang terlalu rakus akan materi, membuat hutan yang kita miliki saat ini semakin mengecil luasannya. Ini karena terjadinya penebangan hutan secara liar, serta penggunaan lahan-lahan yang sangat produktif untuk hutan menjadi kawasan pemukiman yang justru malah berpotensi untuk menciptakan ketidakseimbangan pada alam ini. Bila anda belum mengetahui beberapa jenis hutan berikut kami sajikan jenis hutan berdasarkan fungsinya.

Hutan wisata

Saat ini hutan tidak lagi menjadi sebuah bukan lagi menjadi sebuah tempat yang menakutkan, karena tempat ini juga sangat tepat untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Disamping itu, hutan jenis ini akan ditumbuhi dengan berbagai jenis tanaman yang mungkin dilindungi.

Adapun manfaat dari hutan ini secara umum, tentu saja adalah sebagai salah satu sumber penghasil oksigen yang berfungsi untuk kebutuhan nafas manusia. Sedangkan manfaat secara spesifik hutan ini biasanya digunakan sebagai tempat penelitian dan juga sarana rekreasi bagi orang-orang yang ingin melepas lelah dengan suasana yang asri dan sejuk.

Hutan cadangan

Adapun yang dimaksud dengan hutan cadangan adalah sebuah hutan yang di dalamnya mampu menyediakan plasma nutfah ataupun benih-benih dari spesies flora maupun fauna yang menjadi kekayaan alam negara ini.

Meskipun hutan ini juga termasuk dalam golongan hutan yang juga dilindungi, namun biasanya kita akan sering menjumpai ada saja yang menggunakan sebagian kawasan untuk sebagai lahan pertanian bahkan juga pemukiman bagi penduduk. Pada prinsipnya hutan ini merupakan sebuah cadangan bagi spesies tertentu yang mungkin akan segera punah.

Hutan Lindung

Sesuai dengan namanya yaitu hutan lindung, maka kawasan hutan ini sangat dijaga dengan ketat oleh aparat yang berwenang. Hal ini disebabkan karena tidak hanya melindungi tanaman ataupun spesies hewan tertentu saja, hutan ini juga berfungsi sebagai:

  • Menjaga kualitas serta keteraturan dari air bawah tanah. Fungsi seperti ini sering dinamakan sebagai fungsi hidrolis, dimana tujuannya adalah agar air yang berada di bawah tanah masih layak untuk dikonsumsi,
  • Mengurangi resiko erosi tanah ataupun longsor yang bisa sewaktu-waktu saja terjadi akibat guyuran hujan atau melemahya pijakan tanah,
  • Pengaturan iklim. Proses atau siklus yang terjadi dalam hutan, mulai dari proses menghasilkan oksigen kemudian penyerapan karbondioksida hingga kembali pada menghasilkan oksigen kembali pada pohon di hutan ini sangat berpengaruh pada iklim suatu wilayah.

Hutan industri/produksi

Merupakan sebuah hutan yang memang dikelola dan ditangani dengan orientasi pada kepentingan ekonomi. Hutan jenis ini terbagi menjadi dua yaitu hutan rimba serta hutan satu lagi hutan buatan. Pengelolaan kedua jenis hutan ini juga harus sesuai dengan ketentuan sehingga meskipun berorientasi untung, fungsi dan manfaat hutan bisa tetap terjaga.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *