Berbagai Macam Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Berbagai Macam Manfaat Pisang untuk Kesehatan – Ternyata buah pisang bukan sembarang buah. Puah ini mempunyai berbagai macam manfaat yang telah terbukti. Berikut manfaat dari pisang.

Menyehatkan saluran cerna

Pisang mempunyai kandungan serat, karbohidrat yang bisa membantu mengatur sistem pencernaan yang dimiliki tubuh. Pisang dapat membantu untuk mempertahankan gerakan usus agar terus teratur. Pisang ini juga mempunyai kandungan pektin yang bisa membantu meningkatkan pencernaan secara keseluruhan serta mencegah terjadinya sembelit. Tidak cukup itu.

Pisang ini juga mempunyai efek antasid yang bisa mencegah kambuhnya penyakit maag. Dengan pengonsumsian pisang secara rutin Anda dapat meminimalisir terjadinya kanker lambung. Bila Anda mempunyai masalah di lambung, Anda bisa menambahkan pisang ke menu harian Anda, karena ia mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Sumber kalium yang terbaik

Makan pisang merupakan cara yang termudah untuk tubuh memperoleh kecukupan dari potasium. Kandungan seperti potasium yang dimiliki oleh pisang akan memberi efek yang menenangkan pikiran yang sedang dilanda suntuk. Tingkat stress yang begitu tinggi akan menguras kadar potasium yang dimiliki oleh tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi makanan seperti pisang, Anda bisa membantu untuk menjaga keseimbangan dari potasium yang berada di dalam tubuh yang disebabkan karena stress.

Meningkatkan fungsi dari ginjal

Potasium di pisang mempunyai efek samping yang begitu baik untuk ginjal, saat tubuh Anda mempunyai potasium yang berkecukupan, tubuh akan mudah mengontrol pengeluaran kalsium yang berada di dalam urin, kondisi seperti ini akan membuat ginjal yang Anda miliki bisa berfungsi dengan baik. Disamping untuk mengurangi risiko dari batu ginjal, harus Anda ketahui jika pisang ini mempunyai tingkat senyawa fenolik antioksidan yang begitu tinggi serta berperan untuk melindungi ginjal.

Memperkuat tulang

Pisang mempunyai kandungan prebiotik yang sering disebut dengan fructooligosccharide. Kandungan prebiotik ini sangat memungkinkan tubuh yang kita miliki untuk menyerap nutrisi dengan lebih mudah. hal ini bisa berarti jika pisang akan membantu tubuh yang Anda miliki untuk menyerap kalsium dan memberikan Anda tulang-tulang yang kuat. Bahkan kandungan dari potasium yang berada di pisang ini bisa dicegah dengan hilangnya kalsium. Jadi Anda mempunyai risiko yang jauh lebih rendah untuk terserang penyakit osteoporosis untuk kemudian hari.

Menurunkan tekanan darah

Anda pasti sering mendengar bila dokter sering sekali menganjurkan pasien yang mempunyai tekanan darah tinggi atau hipertensi untuk menambahkan lebih banyak buah pisang di dalam diet yang mereka jalankan. Mengapa bisa seperti ini? hal ini dikarenakan kadar kalium yang begitu tinggi serta rendahnya kadar sodium yang berada di dalam pisang ialah kombinasi yang sangat bagus untuk mencegah risiko dari tekanan darah tinggi serta mengurangi risiko penyakit stroke.

Meningkatkan energi

Pisang sangat kaya dengan kandungan karbohidrat yang sangat sehat serta berperan untuk membantu meningkatkan energi. Makan pisang ketika Anda sarapan atau setelah melakukan latihan yang berat bisa menjadi sebuah cara yang terbaik untuk meningkatkan energi tanpa diharuskan mengkonsumsi minuman yang berasa manis.

Menyehatkan penglihatan

Makan buah pisang setiap hari bisa memberi manfaat yang sangat besar untuk penglihatan Anda. makan 3 porsi buah per hari, akan bisa menurunkan risiko dari gangguan penglihatan yang berkaitan dengan bertambahnya usia atau yang biasa disebut sebagai degenerasi makula. Seseorang yang dengan giat mengkonsumsi tiga maupun lebih porsi dari buah ini perhari akan berpeluang 36% lebih rendah menderita degenerasi makula.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *