Berbagai Manfaat Daun Pepaya Yang Wajib Diketahui

Berbagai Manfaat Daun Pepaya Yang Wajib Diketahui – Daun pepaya merupakan salah satu daun yang sangat populer di Indonesia. Daun yang satu ini sangat digemari karena berbagai manfaat dan khasiat yang bisa didapat ketika mengkonsumsinya. Daun ini tak hanya bermanfaat, namun juga sangat mudah untuk didapat, dan tentunya harganya terjangkau.

pe

Bagi pencinta sayuran, daun pepaya ini pasti menjadi primadona walaupun rasanya terbilang pahit. Daun ini sangat cocok untuk dijadikan lalap dan pendamping makanan seperti nasi pecel dan nasi tumpang.

Tak hanya daunnya saja yang nikmat, buahnya juga tak kalah digemari karena rasanya yang khas dan sejuta manfaatnya. Tanaman yang berasal dari dataran Amerika dan Meksiko ini juga dapat tumbuh subur di Indonesia, dan dijadikan salah satu komoditi pertanian yang cukup diunggulkan.

Daun pepaya mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti enzim papain, kautsuk, karposit, paparotin, karpain, kalsium, vitamin B, vitamin A, vitamin C, vitami D, dan juga vitamin E.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat yang bisa didapat jika mengkonsumsi daun pepaya secara rutin atau teratur.

1. Mengobati Jerawat

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari daun pepaya adalah terbebas dari masalah jerawat. Jerawat sendiri merupakan salah satu jenis masalah kulit yang sangat dibenci. Jerawat bisa timbul kapan saja di wajah, dan dapat mengurangi tingkat percaya diri seseorang. Cara menggunakan daun pepaya sebagai obat jerawat adalah dengan menumbuknya dan digunakan sebagai masker.

2. Obat Anti Kanker

Daun pepaya memiliki senyawa anti kanker yang dapat digunakan untuk membunuh sel-sel kanker dalam tubuh. Senyawa tersebut juga efektif untuk menghindarikan diri dari serangan berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker rahim, kanker leher, sampai dengan kanker kulit. Dengan mengonsumsi daun pepaya dapat berefek meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan sel kanker.

3. Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan salah satu jenis penyakit yang mengancam setiap orang utamanya pada saat musim pancaroba seperti ini. Salah satu obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah secara alami adalah daun pepaya. Caranya adalah dengan merebus daun pepaya dengan campuran temulawak, gula merah, dan meniran. Setelah itu minum air rebusan tersebut secara teratur.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat lain yang bisa didapat jika mengonsumsi daun pepaya secara rutin adalah terjaganya sistem pencernaan dalam tubuh. Ya, kandungan zat karpain yang terkandung dalam daun pepaya mampu membunuh berbagai macam mikroorganisme yang ada dalam pencernaan yang sering mengganggu kinerja sistem pencernaan.

5. Menambah Nafsu Makan

Daun pepaya mengandung zat serupa dengan zat yang dimiliki oleh temulawak. Zat tersebut efektif digunakan untuk menambah nafsu makan. Bagi seseorang yang ingin menambah berat badan, sangat dianjurkan untuk meminum ramuan dari daun pepaya. Cara membuat ramuan tersebut adalah dengan mencampur daun pepaya dengan garam dan air hangan kemudian meminumnya.

6. Mengatasi Nyeri Saat Haid

Bagi kaum hawa, daun pepaya ini efektif mengatasi rasa nyeri yang disebabkan oleh masalah saat haid. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun pepaya yang dicampur dengan asam jawa dan garam.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Bagi para penderita darah tinggi atau darah rendah, daun pepaya sangat efektif digunakan untuk menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun pepaya yang bisa dicampur dengan gula atau madu.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *