Berbagi sukses budidaya tanaman apel malang

Berbagi sukses budidaya tanaman apel malang – Budidaya apel malang merupakan salah satu bisnis yang menggiurkan. Selain karena permintaan pasar akan apel ini yang besar budidaya apel ini juga menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Berikut akan saya ulas bebrapa tips sukses untuk budidaya apel malang yang berguna bagi anda.

mln

Dalam budidaya apel malang banyak hal yang harus anda perhatikan untuk mendapat hasil yang memuaskan, salah satunya adalah pemangkasan cabang dan ranting ranting apel. Dengan memngkas akar dari apel, apel akan terus tumbuh pendek serta memiliki kualitas yang baik. Petani apel di malang biasanya memangkas cabang secara teratur agar apel cepat berbunga dan berbuah. Bekas potongan tadi kemudian diolesi dengan ter atau paraffin agar tidak menjadi jalur untuk dimasuki oleh bakteri atau jamun yang dapat mengakibatkkan penyakit. Ini disebut dengan mengendalikan perkembangan vegetatif yang bertujuan agar apel tidak malas berbuah.

Petani di Amerika juga memahami bahwa perkembangan vegetatif tanaman harus dikendalikan. Tetapi mereka lebih sering untuk memotong akar daripada harus memotong serta mengolesi batang dengan ter. Tak hanya lebih efektif, metode ini dapat memicu pertumbuhan bunga dan buah lebih awal serta meningkatkan kualitas dari buah.

Fungsi dari pemotongan akar mrmiliki banyak manfaat daripada memangkas pada cabang, selain membuat tanaman menjadi cepat berbuah mutu dari buah semakin bagus, memiliki warna yang lebih menarik dan buah menjadi lebih keras hingga buah menjadi tahan lama, selain itu buah menjadi lebih manis. Jadi kerugian pada saat panen pertama dapat ditutupi setelah panen panen berikutnya.

PEMILIHAN WAKTU PEMOTONGAN YANG TEPAT

Hasil yang didapatkan dengan pemotongan akar harus juga memperhatikan waktu yang tepat untuk pemotongan. Pemotongan yang baik untuk akar adalah pada saat tanaman mulai berbunga. Selambat lambatnya pemotongan adalah 2 minggu setelah tanaman berbunga. Apabila pemotongan melebihi waktu tersebut akan berpengaruh pada penghambatan perkembangan dan menjadikan tanaman tersebut gagal panen.

Pemotongan sebaiknya menggunakan pisau spesial yang dipasang pada bayang logam, batang logam ini dipasang pada bagian belakang traktor sehingga pada saat traktor dijalankan diantara tanaman apel pisau akan memotong dtanah sehingga akar juga ikut terpotong.

UKURAN PEMOTONGAN SEDALAM 30 CM

Hasil terbaik untuk pemotongan adalah 30 cm untuk kedua segi dari tanaman apel. Untuk sebagian apel pemotongan dilakukan sedalam 60 – 82 cm. Namun ada pula apel yang dipotong sampai dengan kedalaman 1 m.

SISI EKONOMIS DARI PEMOTONGAN AKAR

Karena harga dari buah apel yang besar lebih tinggi daripada apel dengan ukuran yang kecil, serta kotak untuk penyimpanan akan terisi lebih sedikit apabila diisi dengan apel yang besar hal ini juga berdampak pada keuntungan yang diperoleh. Oleh karena itu metode ini dapat meningkatkan keuntungan.

Tetapi permasalahannya adalah apabila apel dengan ukuran yang lebih besar memiliki warna yang kurang memenuhi grade permintaan pasar, buah menjadi lebih lunak atau buah banyak yang rusak saat diangkut. Disinilah peran dari pemotongan akar, pemotongan akar dapat mengaatasi permasalahan tadi apabila dilakukan dengan benar dan sesuai prosedur.

Apabila mutu dari buah sudah memenuhi syarat maka akan dapat dipastikan bahwa hasil yang dipeoleh akan sesuai dengan target yang telah ditentukan. Dari 2 macam metode tadi anda dapat memilih cara mana yang akan dilakukan agar memperoleh hasail serta keuntungan yang ingin diperoleh.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *