Bercocok Tanam di Hutan

Bercocok Tanam di Hutan – Indonesia merupakan sebuah negara yang dipenuhi akan kekayaan alam, sehingga para penduduknya bisa tinggal di medan yang berbeda. Selain itu, mereka pun juga memiliki kekayaan alam dan non alam tersendiri. Seperti halnya dengan hutan yang merupakan salah satu kekayaan milik bersama. Tetapi adapula yang menjadi milik pribadi yang dimanfaatkan sesuai lokasi ataupun untuk pekerjaannya. Contohnya di beberapa wilayah di luar yang jauh dari perkotaan, seperti hutan karet, hutan rotan, hutan jati, dll.

Untitled

Hutan dikenal sebagai lahan yang luas dan dipenuhi oleh beberapa tumbuhan yang tumbuh secara alami, namun adapula hutan yang dilindungi sebagai salah satu kekayaan alam yang ikut berperan penting dalam ekosistem kehidupan manusia. Bukan hanya itu saja, bagi mereka yang tinggal di dekat hutan ataupun mempunyai hutan sendiri, tempat tersebut bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam. Dalam artian menanam pepohonan tertentu untuk dijadikan hutan lindung ataupun sebagai tanaman yang bisa menghasilkan suatu produk.

Di sini, bercocok tanam di Hutan sangatlah penting, bilamana tempat tersebut dikenal sebagai tempat yang nyaman bagi para binatang. Tetapi, kita bisa menciptakan Hutan secara alami, agar nantinya bisa diperoleh manfaat yang lebih, seperti:

  • Menjadi salah satu cagar alam.
  • Memiliki nilai sebagai bentuk perlindungan alam.
  • Mengisi lahan kosong yang nantinya akan bermanfaat bagi tanaman tertentu, seperti menanam beberapa jenis pohon, yang kelak bisa dipanen.
  • Sebagai tameng yang kuat untuk menyerap air bilamana hutan tiba, seperti mengurangi intensitas banjir. Karena akar dari pohon terutama yang berukuran besar, mampu menyerap sekaligus menyimpan air dalam jumlah yang besar.

Begitu banyak manfaat yang diperoleh dari menjaga sebuah Hutan ataupun membuatnya secara sengaja. Meskipun ada pula Hutan yang termasuk kategori liar dan membuat takut untuk masuk kedalamnya, tempat tersebut tetaplah penting bagi kehidupan manusia dan para binatang yang hidup bersamanya. Dari hal ini, Hutan tersebut sebagai perlindungan alam bagi manusia dan juga bagi para binatang sebagai tempat tinggalnya. Karena tempat tersebut menjadi salah satu lokasi yang teramat penting, terutama bagi kehidupan manusia dan alam.

Mengetahui pentingnya menjaga Hutan, kita tidak boleh memperlakukannya sesuka hati. Seperti halnya dengan menggundulkannya secara sembarangan. Hal ini pun sering kali terjadi, meskipun hutan tersebut dimanfaatkan untuk bercocok tanam seperti tanaman rotan, Anda tidak boleh memperlakukannya sesuka hati. Agar nanti para tumbuhan itu dapat hidup dan produktif lebih lama, yaitu dengan:

  • Memanen tumbuhan yang ada, seperti mengambil rotan yang telah mencapai waktunya. Bila pun belum atau mendekati, biarkan rotan tersebut untuk dipanen lain hari.
  • Mengambil getah rotan di setiap hari dengan prosedur seharusnya, sehingga tidak menyebabkan tumbuhan menjadi terluka.
  • Memberantas tanaman lain yang dapat dikategorikan hama yang mengganggu, agar tumbuhan utama bisa tumbuh dengan subur.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *