Berhati-hatilah, Stalkers Dapat Berada Dimana Saja!

Berhati-hatilah, Stalkers Dapat Berada Dimana Saja! – Stalker atau dalam bahasa Indonesia familiar dengan sebutan penguntit adalah seseorang yang berniat buruk kepada anda dengan menguntit kegiatan anda setiap hari.

Bahkan, seorang stalker dapat menguntit kita di sosial media kita untuk mendapatkan informasi mengenai kegiatan kita sehari-hari.

Untitled

Bukan hanya seorang pencuri atau koruptor yang dapat meresahkan kehidupan masyarakat, seorang stalker atau penguntit juga dapat meresahkan kehidupan banyak orang beserta keluarganya.

Menguntit seseorang sampai masuk ke area pribadi dari kehidupan seseorang sampai masuk ke area paling pribadi dari kehidupan orang tersebut adalah salah satu ciri dari perilaku seorang psikopat. Sebuah fakta mengejutkan didapat berdasarkan penelitian para ahli, seorang stalker kebanyakan adalah seorang pria.

Berdasarkan penelitian didapatkan mengapa kebanyakan stalker adalah pria adalah karena pria rata-rata suka melakukan hal yang menegangkan system syaraf mereka.

Hal ini menjadi tidak sehat ketika keinginan untuk melakukan kegiatan yang meningkatkan syaraf dibarengi dengan taraf empati yang rendah. Tidak ada perasaan bersalah sama sekali saat para pria menguntit seseorang.

Meski sangat menganggu dan menyebalkan, para penguntit biasanya hanya melakukan kejahatan dalam bentuk ancaman terhadap korban-korbannya.

Tidak hanya masyarakat biasa yang menjadi korban, selebriti kelas dunia pun tidak luput dari kejahatan seorang penguntit. Aktris Jennifer Lawrence pada tahun 2012 sempat dikuntit oleh seorang pria yang sangat terpesona dengan kecantikannya.

Pria tersebut mengirimkan lebih dari 200 pesan tertulis dan pesan suara melalui keluarga Jennifer. Tidak hanya Jennifer, Miley Cyrus bahkan sampai harus pindah rumah karena ada seseorang yang menguntitnya hingga dapat masuk ke halaman rumah pribadinya, padahal dirumah Miley keamanannya sangat ketat.

Diduga orang tersebut adalah fans berat Miley yang sangat ingin mengetahui kegiatan Miley sehari-hari. Hal lebih parah lagi terjadi pada Paris Hilton, pada tahun 2010 Paris pernah didatangani seorang penguntit yang membawa 2 pisau besar dan menerobos sampai kerumahnya dan mengancam akan membunuh Paris.

Menurut Dr. Michael Zona dari University of Southern California School of Medicine, ada 4 kategori penguntit, yaitu :

  1. Obsesi sederhana

Obsesi sederhana banyak terjadi pada pria yang pernah menjalin hubungan percintaan secara mendalam dan masih termotivasi untuk melanjutkan hubungan dengan orang tersebut walaupun sudah putus. Kategori ini bisa disebut juga dengan domestic stalker.

  1. Cinta obsessional

Kategori ini dimana pemikiran tentang seseorang yang ia kuntit  dari kejauhan dimana seorang penguntit tersebut menganggap ia dapat menjalin hubungan percintaam dengan orang tersebut yang sebenarnya tidak masuk akal.

  1. Erotomania

Erotomania adalah tingkat obsesi yang lebih ekstrem yaitu seorang penguntit yakin kalau targetnya juga mencintainya, meski mereka tidak saling kenal

  1. Pencari korban secara acak

Seorang penguntit yang memiliki gangguan kejiwaan yang disebut gangguan kepribadian histrionic adalah seseorang yang terlalu mencemaskan penampilan mereka, selalu mencari perhatian, sering berperilaku dramatis dan memiliki ekspresi emosional yang berlebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *