Berhemat dengan Pakan Lele dari Kotoran Sapi

Berhemat dengan Pakan Lele dari Kotoran Sapi – Dalam menjalankan budidaya ikan lele, hal yang penting yang harus Anda perhatikan adalah masalah pakan. Ikan lele membutuhkan pakan cukup agar bisa tumbuh dengan baik.

Untitled

Namun seperti juga harga-harga lain, harga untuk pakan ikan semakin hari semakin mahal, apalagi kebanyakan bahannya harus diimpor. Bila Anda terus-menerus membeli, di masa awal ketika Anda masih belum menghasilkan, Anda akan cepat kehabisan modal.

Membuat pakan ikan sendiri

Cara agar Anda tidak menghabiskan terlalu banyak biaya dalam budidaya ikan lele adalah dengan membuat pakan ikan itu sendiri. Anda sebenarnya bisa memanfaatkan banyak hal untuk membuat bahan ini sendiri, contohnya adalah dengan bahan dari kotoran sapi, limbah pasar, dan ampas tahu. Syarat yang harus dipenuhi jika Anda ingin membuat pakan ikan sendiri adalah:

  • Bergizi tinggi.
  • Tidak beracun untuk ikan, dan mudah dicerna.
  • Harga terjangkau, sehingga biaya bisa ditekan.
  • Gampang diperoleh sendiri dalam jumlah banyak.
  • Mudah dihaluskan.

Membuat pakan lele dari kotoran sapi

Sekarang ini pakan lele bisa mencapai Rp240 ribu per saknya, atau sekitar 30 kg, bayangkan jika Anda memiliki lele dalam jumlah cukup banyak, belum lagi Anda harus memikirkan soal biaya operasional dll. Karena itu, salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan adalah membuat pakan dari kotoran sapi. Mudah ditemukan, ada dalam jumlah banyak, dan tentu saja, harganya sangatlah murah. Inilah bahan yang harus Anda siapkan:

  • Kotoran sapi
    Sudah dibiarkan selama seminggu di ruangan terbuka, siapkan paling tidak 10 kg.
  • Air
    Agar Anda bisa melumatkan kotoran sapi yang kering, Anda akan memerlukannya untuk mengaduk kotoran sapi kering tersebut.
  • Probiotik cair
    Bisa dibeli di toko pertanian, ambillah yang memang khusus untuk ikan lele.
  • Peralatan
    Wadah tertutup, ember, gayung, dan peralatan lain.

Langkah pembuatan pakan lele

Inilah langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika Anda hendak membuat pakan ikan lele Anda:

  1. Campurkan kotoran sapi dengan air, lalu aduk sampai tampilannya menjadi adonan.
  2. Masukkan ke wadah tertutup, dan tuangkan probiotik ke dalamnya, aduk sampai rata.
  3. Diamkan adonan kotoran sapi tersebut selama 24 jam di wadah yang tertutup. Jaga agar jangan sampai ada udara yang masuk ke dalam saat masa ini.
  4. Setelah 24 jam, buatlah lubang di wadah tersebut, lalu biarkan lagi sampai setidaknya seminggu. Makin lama makin baik.
  5. Bila Anda membuka tutup wadah dan sudah ada cacing-cacing di atasnya, berarti pakan sudah siap.

Menggunakan kotoran sapi sebagai pakan lele akan bisa menekan pengeluaran Anda bahkan sampai dengan 60%. Selain itu, Anda juga mendapatkan pakan yang jelas organik, dan mempunyai gizi tinggi bagi lele Anda. Hasil daging lele pun akan menjadi lebih gurih. Pakan ini sangat cocok diberikan kepada lele yang ukurannya masih berukuran 2 jari, yang penting sudah bisa memakan cacing.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *