Berikut 5 Penyebab Gusi Sering Berdarah

Berikut 5 Penyebab Gusi Sering Berdarah – Sebagian orang pasti sudah mengalami gusi berdarah. Pada umumnya mulai menyadari ketika melakukan menyikat gigi, dan juga mengkonsumsi makanan yang keras, serta juga melakukan kumur-kumur setelah makanan. Gusi berdarah ini akan mengakibatkan kesulitan mengkonsumsi makanan, dan juga meminum minuman bersoda atau lainnya.

1Namun, perlu di ketahui tidak hanya itu saja penyebab dari gusi berdarah. Ada beberapa hal lain yang menyebabkan gusi berdarah. Berikut 5 penyebab gusi sering berdarah.

1. Karang Gigi

Plak atau kotorang yang tidak dibersihkan akan mengeras dan juga akan berubah menjadi karang gigi, yang menyebabkan gusi mudah berdarah. Selain itu, karang gigi ini akan mengakibatkan juga gigi akan mudah berlubang, gigi kekuningan, dan juga gigi akan rusak.

Karang gigi ini harus segera di bersihkan jika sudah memiliki tanda atau gejala yang tampak di gigi anda. Namun, jika sudah mengalami keparahan sebaiknya memperiksakan gigi anda ke dokter gigi sekitar.

2. Perubahan hormon selama kehamilan

Perubahan hormon selama proses kehamilan ternyata dapat juga akan mengakibatkan gusi mudah berdarah, bahkan juga akan mengakibatkan penyakit periodontitis. Jadi jika anda mengalami masalah ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kehamilan atau dokter gigi agar mempermudahkan anda dalam proses kehamilan dan juga menurunkan gusi berdarah pada gigi anda.

Dalam perubahan ini sebaiknya anda juga mengatur pola makan yang sehat, dan juga tidak mengkonsumsi makanan yang tidak di anjurkan oleh dokter anda.

3. Leukimia

Pembesaran dan pendarahan gusi adalah salah satu penyakit komplikasi yang umumnya di sebut leukimia. Dikarenakan jaringan pada mulut lebih rentan terhadap inftrasi sel leukimia yang menyebabkan mulainya pendarahan pada gusi dengan cepat.

Untuk menghindari penyakit leukimia ini dilakukan dengan cara membersihkan karang gigi yang keras, membersihkan gigi dengan teratur, dan juga mencegah penyakit gusi dengan melakukan kumur-kumur obat berupa listerin atau lainnya.

4. Obat –obatan

Ada beberapa obat – obatan yang dapat meningkatkan tekanan darah menyebabkan peradangan gusi dan juga pendarahan didalam gusi. Sementara itu, ada juga beberapa obat lainnya berupa anthismiamin dan obat penenang yang dapat mengeringkan mulut dan gusi, sehingga akan terjadi peradangan di gusi.

Namun, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya jangan menggunakan obat-obatan sembarangan, dan juga mengetahui efek obat tersebut. Hal ini bertujuan agar anda lebih mudah mengantisipisi penyakit dalam tubuh anda.

5. Kekurangan Vitamin K

Salah satu tanda tubuh kekurangan vitamin K adalah terjadinya pendarahan gusi pada saat menyikat gigi. Namun, untuk mengatasi kekurangan vitamin K ini sebaiknya banyak mengkonsumsi sayuran – sayuran berdaun hijau untuk mencegah kekurangan vitamin K tersebut.

Selain itu, juga anda bisa mengimbanginya dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung berbagai vitamin dan nutrsisi yang sangat baik asupan tubuh.

Baca juga :Mengetahui Gejala -Gejala Kurang Darah ( Anemia )

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *