Berikut Adalah Nama 6 Lapisan Matahari yang Harus Anda Tahu

Sebagai pusat dari semesta dan tata surya, matahari memegang peranan penting untuk keberlangsungan seluruh makhluk hidup. Jika dilihat dari lapisan-lapisan pembentuk sang surya, ada 6 lapisan yang telah diteliti oleh para ilmuwan.

e 6

Apa sajakah lapisan yang dimaksud? Sebaiknya Anda terus menyimak ulasan di bawah ini ya…

Lapisan 1: Inti Matahari

Sesuai namanya, inti matahari adalah lapisan terdalam dari sang surya yang berukuran seperempat jari-jari matahari dengan kisaran suhu 1,6 x 107 kalor. Dalam inti matahari, terdapat sumber energi kalor yang sangat besar. Dari sinilah sinar matahari berasal hingga memancar ke seluruh tata surya.

Lapisan 2: Zona Radiasi

Apa yang pernah Anda dengar tentang radiasi sinar matahari? Lapisan inilah yang menyebabkannya. Zona radiasi merupakan daerah di sekitar inti matahari yang mengeluarkan energi panas sangat besar.

Lapisan 3: Zona Ikat

Lapisan ketiga merupakan sebuah area yang menjadi perbatasan antara permukaan matahari yang memiliki gelembung-gelembung besar dan kadang berpindah menuju lapisan fotosfer.

Lapisan 4: Fotosfer

Jika sang surya dibelah, lapisan kedua adalah fotosfer. Mencapai ketebalan lapisan hingga 330.000 meter. Lapisan yang bercahaya kuning keemasan ini sungguh sangat menyilaukan mata. Jika Anda tak sanggup memandang matahari dalam waktu yang lama, tentu ini akibat “ulah” fotosfer yang mengeluarkan cahaya dengan suhu kisaran 5.700 kalor.

Lapisan 5: Kromosfer

Lapisan ketiga adalah kromosfer. Para ilmuwan biasanya menyebutnya dengan bola warna. Menurut penelitian, lapisan kromosfer berada di sekitar 2000 kilo meter di atas permukaan sang surya sendiri. Sementara, suhu yang terdapat pada lapisan ini mencapai kisaran 4.200 kalor.

Lapisan 6: Korona

Apabila Anda pernah melihat lingkaran cahaya berwarna putih indah yang melingkar di sekitar matahari memakai sebuah teleskop koronagraf, maka inilah yang dimaksud dengan lapisan korona. Ya, warna putih yang melingkar ini juga kerap disebut sebagai mahkota matahari.

Jika dihitung, suhu pada lapisan korona mencapai 2 x 106 kalor yang terdiri dari gas-gas dan partikel penyusun lainnya dengan komposisi yang tipis.

Itulah 6 lapisan matahari yang perlu Anda ketahui. Semoga menambah wawasan Anda.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *