Berikut beberapa Tanda-tanda Orang ingin melakukan Bunuh diri

Bunuh diri, pemikiran bunuh diri atau percobaan bunuh diri biasanya terjadi disertai dengan adanya gangguan mental atau bisa disebut juga dengan depresi.

g 22

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ternayta banyak pria yang meninggal dengan kasus bunuh diri. Akan tetapi percobaan bunuh diri lebih sering dialami oleh wanita daripada pria, karena secara keseluruhan wanita ebih cenderung mengalami tingkat depresi lebih tinggi.

Banyak diantara wanita yang mengalami gangguan kesehatan mental serius seperti depresi dan lebih sering merenungkan atau mencoba tindakan bunuh diri.

Untuk itu bagi orang-orang terdekat sangat penting dan perlu tahu mengenai apa saja tanda-tanda orang yang ingin melakukan bunuh diri.

Berikut adalah beberapa tanda yang bisa dicurigai sebagai tanda orang yang ingin melakukan bunuh diri, diantaranya:

1. Berbicara mengenai kematian

Salah satu tanda orang yang ingin bunuh diri adalah lebih sering membicarakan tentang kematian. Selain itu ia juga akn berbicara ingin menghilang dan lenyap dari dunia, melompat, dan bahkan menembak diri sendiri atau ungkapan-ungkapan ekstrim yang membahayakan dirinya sendiri.

2. Kehilangan

Memang kehilangan seseorang yang dicintai merupakan satu hal yang sanga menyakitkan baik ditinggal kekasih karena meninggal, putus, atau kehilangan pekerjaan dan sesuatu yang sangat berharga dalam hidup.

Kehilaagan lainnya yang juga dapat menjadi pemicu seseorang ingin bunuh diri yaitu kehilangan kepercayaan agamanya

3. Perubahan kepribadian

Hal lainnya yang juga bisa menjadi penyebab seseorang ingin bunuh diri adalah perubahan perilaku dan kepribadian misal seperti kurang merawat diri, kurang konsentrasi saat sekolah atau bekerja dan kegiatan sehari-hari seperti pekerjaan rumah.

4. Perubahan pola tidur

Selain itu ciri lainnya yaitu adanya perubahan pada pola tidur seperti gangguan tidur insomnia, hypersomnia, dan gangguan tidur yang lainnya juga bisa menjadi tanda-tanda bahwa seseorang mengalami depresi dan kemungkinan ingin bunuh diri.

5. Berkurangnya ketertarikan seksual

Tidak hanya itu seseorang yang mengalami perubahan dengan berkurangnya ketertarikan seksual juga bisa menjadi satu tanda ia memiliki keinginan bunuh diri. Hal ini dapat terlihat seperti impotensi, dan ketidakteraturan atau keterlambatan menstruasi.

6. Harga diri rendah

Gejala yang satu ini bisa Anda lihat dari seseorang yang menujukkan ekspresi minder, malu, atau membenci diri sendiri.

Baca Artikel Lainnya :

7. Berkurangnya harapan akan masa depan

Tanda lain dari bunuh diri yaitu seseorang merasa bahwa dirinya tidak memiliki harapan akan masa depannya yang panjang dan cerah. Hal ini terlihat dari segala hal mengenai dirinya yang tidak semakin membaik dan cenderung terus memburuk.

Itulah beberapa yang harus Anda kenali pada orang-orang di sekitar Anda sebagai tanda bahwa mereka memiliki keinginan untuk bunuh diri. Bila Anda mengetahuinya dengan baik, tentu kemungkinan peluang untuk mencegah dan menyelamatkannya akan jauh lebih besar.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *