Berikut Bunga Pertama yang Mekar di Luar Angkasa

Bagi sebagian orang, jika ditanya mungkin tidak ada tumbuhan yang bisa mekar di luar angkasa, di luar bumi. Mungkin sebagian akan menjawab tidak karena alasan – alasan tertentu.

Tapi, tahukah kamu, ada sebuah bunga yang bisa tumbuh dan mekar di luar angkasa, dan bunga ini menjadi bunga pertama yang tumbuh di luar angkasa.

o 52

Kabar tersebut tersiar dari dari situs resmi NASA (National Aeronautics Ana SpaceAdministratton) yang menjelaskan secara rinci bahwa seorang astronot berhasil memekarkan bunga secara sempurna di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Scott Kelly  pria asal Amerika yang berhasil menumbuhkan bunga tersebut tumbuh mengunggah foto bunga yang mekar pada akun twitter pribadinya. Keberhasilan ini, membuat peluang untuk bercocok tanam di luar angkasa.

Bunga tersebut bernama Bunga Zinnia yang hidupnya sangat sensitif terhadap lingkungannya dan memiliki masa pertumbuhan sekitar 60 samapai 80 hari. Pada percobaan awal, bunga ini tumbuh tidak sempurna karena kondisi lingkungan tidak sesuai.

Sehingga membuat tumbuhan mengalami gutasi akibat kelembaban udara tinggi menyebabkan penyerapan air yang tinggi dan penguapan rendah membuat proses pelepasan air dari jaringan daun terjadi. Disisi lain, terjadi akar yang begitu basah membuat daun mengkerut (epinasti).

Sangatlah sulit untuk membuat tumbuh tumbuhan ini karena tidak adanya sinar matahari juga, jadi para astronot harus mengganti sinar matahari dengan lampu LED warna biru, hijau dan merah.

Proyek ini sendiri dimuali dari sekitar bulan November 2015 tahun lalu, setelah sebelumnya para tim telah berhasil menumbuhkan tanaman selada, yaitu pada  bulan Agustus 2015.

Rencananya, tim luar angkasa akan menanam tumbuhan tomat pada stasiun luar angkasa sekitar tahun 2018. Namun sebelum itu, akan dilakukan penanaman kubis atau kol yang ditanam tahun ini.

Baca Artikel Lainnya :

Tujuan diadakannya proyek penanaman tumbuhan di luar angkasa adalah untuk mempelajari cara tinggal dan durasi dalam waktu lama di luar angkasa. Selain itu, dengan penemuan tersebut membuat kemungkinan bahwa akan terjadi proses penanaman tumbuhan di luar bumi dan juga menghadirkan koloni manusia pada planet lain seperti Mars.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *