Berikut Cara Mengatasi Anak yang Manja

Cara mengasuh orang tua pada anaknya akan mempengaruhi karakter sang anak ketika beranjak besar. Pola asuh yang tepat akan menciptakan kondisi dimana anak dapat belajar menjadi mandiri dalam mengurusi keperluannya.

r 139

Secara sederhana, perilaku anak yang manja bisa dilihat dari ketika dia membutuhkan sesuatu namun tidak mau melakukannya sendiri, lalu orang tua melayaninya. Sepintas, perilaku orang tua seperti ini tidak salah. Namun jika dilakukan secara terus menerus justru akan menumbuhkan sikap manja pada anak.

Sejatinya, anak yang sudah menginjak umur 2 tahun sudah bisa diajari untuk bersikap tidak manja. Sayangnya, orang tua saat ini lebih memilih melayani semua keperluan sang anak.

Karenanya, jangan heran kalau sang anak akan tumbuh dengan sikap yang manja karena memang sudah terbiasa dilayani sedari kecil. Oleh sebab itu, pengetahuan orang tua tentang hal ini akan membantu dalam mengurangi sifat manja pada anak.

Berikut adalah cara mengatasi sifat manja.

  1. Memberi apresiasi

Anak kecil selalu membutuhkan pamrih ketika melakukan sesuatu, dan itu bukan merupakan sesuatu yang buruk karena di satu sisi dia akan belajar bagaimana cara mendapatkan sesuatu melalui usaha. Apresiasi yang diberikan dapat berupa apa saja, berikan apa yang disukai.

  1. Menanamkan kesungguhan

Dalam mengatasi sifat manja pada anak, pasti ada kalanya sang anak akan merasa bosan atau bahkan ngambek. Jika keadaan seperti ini terjadi, berilah pengertian tentang arti mandiri dan ini merupakan kebutuhannya. Bijaklah dalam memberi nasehat agar program pelatihan berjalan.

  1. Menjaga komunikasi

Hubungan baik adalah pangkal dalam mengatasi sifat manja sang anak, dan hanya bisa diperoleh melalui komunikasi yang baik antara anak dan orang tua. Komunikasikan tentang harapan yang diinginkan orang tua. Ingat, sampaikan dengan nada santun agar anak dapat menerima.

  1. Sadari proses

Mengatasi sifat manja pastinya membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar. Karenanya, bersabarlah dengan kondisi ini dan pastikan semua cara dipraktekkan sudah sesuai. Sebisa mungkin hindari untuk marah jika ternyata sang anak masih lupa.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Bertindak kompak

Seorang anak biasanya akan malas dalam melakukan sesuatu. Salah satu cara yang tepat dalam mengatasi sifat manja adalah dengan melakukan suatu pekerjaan secara bersamaan antara anak dan orang tua. Lakukan kegiatan ini secara simultan agar anak menjadi terbiasa.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *