Berikut Ini Adalah Daftar Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Memasak, Apa Saja Itu? Yuk Dibaca

Memasak membutuhkan keahlian khusus agar makanan yang dibuat sesuai dengan ekspektasi dari orang yang memasaknya. Banyak makanan yang masih bisa dimasak dengan mudah seperti mie instan, nasi, goreng – gorengan dan sebagainya.

Namun, beberapa makanan memang membutuhkan latihan supaya masakan bisa mencapai hal yang maksimal. Memasak adonan kue butuh keahlian mengadon yang baik, memasak rendang, bumbu – bumbu yang rumit dan sebagainya.

j 99

Tentunya memasak bagi sebagian orang menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan. Menyajikan makanan khas buatannya sendiri adalah suatu kebanggan apalagi sampai disukai banyak orang.

Proses memasak juga membutuhkan startegi sebelum bisa menghasilkan masakan yang enak. Persiapan – persiapan seperti bumbu, alat masak, kompor, minyak, dan segala tetek bengeknya harus siap terlebih dahul tergantung dari masakan yang ingin dibuat.

Dalam proses memasak, beberapa kesalahan sering terjadi yang bisa membuat membuat proses gagal dan masakan tidak siap untuk disajikan.

  • Minyak terlalu panas.

Hal ini sering terjadi lantaran nyala api dinyalakan terlalu besar sehingga minyak terlalu panas. Minyak yang terlalu panas dapat menggosongkan makanan dan panasnya tidak akan meresap sampai kedalam bahan makanan.

  • Panci yang masih dingin.

Panci yang dingin akan membuat masakan lengket dan tidak mengeluarkan warna. Cobalah panaskan wajan atau panci menggunakan api yang kecil supaya hasil maskaan bisa sempurna.

  • Overcooking.

Overcooking bisa terjadi jika memasaknya terlalu lama sehingga masakan terlalu matang dan rasanya hilang. Aturlah waktu memasak supaya hasil kematangannya pas.

  • Pemakaian bumbu yang kurang / berlebihan.

Memakai bumbu – bumbu penyedap tidak boleh asal – asalan. Cari tahu seberapa banyak bumbu yang harus dimasukkan kedalam masakan agar rasa yang dihasilkan pas dan tidak berlebihan.

  • Wajan terlalu penuh.

Jika menggunakan wajan saat memasak, usahakan bahan makanan yang ingin dimasak sesuai dengan ukuran wajan agar tidak terlalu penuh. Jika kepenuhan maka porsi kematangan masakan akan berbeda – beda dan tidak merata.

Baca Artikel Lainnya :

Cari tahu dulu sebelum memasak masakan tertentu tentang metode yang tepat untuk digunakan. Jangan langsung bertindak secara spontan karena dipastikan makanan akan gagal dibuat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *