Berikut Ini Proses Terjadinya Mitosis Pada Tumbuhan

Berikut Ini Proses Terjadinya Mitosis Pada Tumbuhan – Pada tumbuhan juga dikenal adanya proses pembelahan sel atau yang sering disebut dengan mitosis.

13

Proses ini mampu menghasilkan sel anakan baru pada tumbuhan yang dilakukan dengan cara membagi dan membuat dua buah salinan yang sama atau identik dari sel induk tersebut. Mengingat proses pembelahan yang terjadi adalah dengan menggunakan proses mitosis, maka pada setiap sel anakan yang dihasilkan nantinya akan memiliki sifat dan salinan genetik yang sama persis dengan induknya.

Adapun tahapannya juga terdiri atas interfase (tahap awal sebelum pembelahan), profase, metafase, anafase dan juga telofase yang dilanjutkan sitokenesis. Untuk penjelasan lebih rincinya bisa diterangkan sebagai berikut.

Proses Interfase (tahap persiapan awal)

Sebenarnya pada tahapan ini, sel berada pada periode istirahat setelah melakukan proses pembelahan sebelumnya. Namun meskipun disebut periode istirahat bukan berarti sel tidak memiliki aktivitas apapun.

Sebenarnya pada periode ini, sel melakukan aktivitasnya secara normal yaitu memproduksi protein, namun demikian disamping itu juga mereka sedang mempersiapkan dirinya untuk proses pembelahan (mitosis) selanjutnya.

Proses tahap profase

Setelah periode istirahat sel berakhir dan segala persiapan yang dibutuhkan untuk pembelahan siap, maka dimulailah tahapan profase. Pada fase ini kromatin, yaitu materi genetik pada sel, mulai berkondensasi untuk membentuk sebuah kromosom-kromosom, dimana pada kromosom tersebut memiliki bentuk yang saling terhubung untuk membuat pasangan dan akhirnya berkumpul pada sebuah titik pusat bernama sentrometer.

Sedangkan pada saat bersamaan, di luar inti sel tersebut terdapat sebuah stuktur bernama sentrosome yang juga berkembang untuk membuat mikrotubulus, dimana nantinya akan berfungsi pada fase selanjutnya.

Proses fase metafase

Pada proses Metafase ini, mikrotubulus mulai memasuki nukleus dan akhirnya melekat pada kromosom yang telah berada pada sentromer. Mikrotubulus dan sentromer ini kemudian akan berpindah pada ujung sel yang berlawanan.

Proses ini kemudian menimbulkan kejadian tertariknya kromosom menuju ujung-ujung sel. Pada fase ini juga sentromer mulai menunjukkan titik pemisahan.

Proses fase anafase

Pada tahapan ini, setiap pasangan kromosom mulai terpisah dan sebagian dari pasangan tersebut juga mulai berpindah menuju ujung sel tertentu dan sebagian lagi mengarah pada ujung sel lainnya.

Disamping itu, mikrotubulus yang berada dalam sel juga bekerja untuk memperpanjang sel-sel tumbuhan, dimana nantinya akan berguna pada fase selanjutnya yang disebut telofase.

Proses fase telofase

Pada fase ini, mikrotubulus dan juga sentrosome akan hancur, dan sisa inti dari sel induk atau sel asli akan menciptakan sebuah inti di sekitar kromosom, tepatnya pada ujung-ujung sel. Adapun kejadian selanjutnya yang terjadi di titik ini adalah kromosom akan berubah menjadi sebuah bentuk kromatin sekali lagi yang siap melakukan proses sitokenesis.

Proses sitokenesis

Pada tahapan atau proses ini, sel tumbuhan akan mulai terlihat membagi menjadi dua buah sel yang mampu berdiri sendiri atau independen. Pada titik ini, sel juga akan mengembangkan dirinya menjadi plat sel, dimana fungsinya adalah untuk dapat membagi sebuah sel tunggal menjadi dua buah sel anakan yang terpisah sendiri-sendiri.

Kedua sel anakan yang independen tersebut, kemudian akan menarik diri atau saling terpisah satu sama lainnya. Perlu diperhatikan bahwa pada setiap sel anakan yang dihasilkan tersebut, telah terdapat sebuah salinan yang sama persis dengan materi genetik sel induk atau sel aslinya.

Pada dasarnya proses pembelahan mitosis yang terjadi pada tumbuhan berbeda dengan proses mitosis pada hewan, dimana sel-sel hewan tidak membentuk sebuah plat sel tapi menjepit dengan lepas pada tengah sel untuk bisa membelah jadi sel baru.

Baca Juga : Macam-macam Vitamin yang Berguna untuk Tubuh Manusia

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Berikut Ini Proses Terjadinya Mitosis Pada Tumbuhan

  1. Pingback: Siklus Biar Anda Tetap Awet Muda! | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *