Berikut Tips dan Mempercepat Kinerja Komputer

Semua pengguna komputer pasti ingin agar komputernya bisa bekerja dengan cepat dan efisien untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas dengan cepat. Hal ini bukan tanpa sebab.

c 19

Jika komputer lambat sedikit saja, kemungkinan ada beberapa informasi penting yang akan terlewatkan. Misalnya, ketika Anda sedang menjalani interviu kerja melalui skype, jika komputer Anda lamban tentu akan mempengaruhi kelancaran interviu.

Contoh lain, ketika Anda sedang terburu-buru untuk mencetak dan menggunakan komputer. Sementara, waktu terus berjalan, namun komputer tidak bisa diajak kompromi. Yang ada, hati makin kesal dan pekerjaan tak kunjung usai.

Baiklah, mari kita sedikit otak-atik komputer Anda agar kinerjanya bisa lebih cepat dan efisien dari sebelumnya, dengan mengikuti saran-saran kami berikut ini:

Tingkatkan kapasitas RAM dan Harddisk

Kenapa begitu? Kecepatan dan kapasitas adalah dua hal penting yang harus dimiliki jika Anda ingin sebuah komputer yang bekerja cepat. Tambah kecepatan komputer dengan meningkatkan kapasitas RAM serta tingkatkan kapasitas harddisk.

Buang aplikasi yang tidak dipakai

Jangan terlalu banyak membebani memori dan harddisk dengan program-program yang bahkan tidak pernah Anda gunakan. Caranya, cukup meng-uninstal program di komputer. Jalankan start, pilih control panel, lalu uninstal program yang tidak penting.

Tangkis virus-virus

RAM sudah besar, harddisk pun kapasitasnya lebar. Tapi, komputer masih lamban? Kemungkinan besar, komputer Anda terjangkit virus yang memperlamban kinerja komputer. Cobalah untuk menginstal anti-virus tangguh untuk mengusir semua virus-virus komputer agar kinerja komputer lebih kencang.

Buang berkas-berkas tidak penting

Ada beberapa berkas yang sifatnya temporary dan perlu dibuang secara manual. Jika tidak dibuang, berkas ini hanya akan menumpuk dan membebani kapasitas memori komputer.

Baca Artikel Lainnya :

Anda bisa memilih untuk masuk ke Recycle Bin, kemudian klik kanan mouse lalu pilih Empty Recycle Bin. Alternatifnya, gunakan program aplikasi pembersih file sampah seperti TuneUp Utilities, CleanUp, dan lain-lain.

Defragment file

Di samping menggunakan tips-tips di atas, Anda perlu melakukan defragment file secara berkala agar kinerja komputer tetap berjalan kencang. Defrag file berfungsi untuk merapikan file-file yang berantakan, sehingga apabila komputer ingin memanggil suatu file bisa segera dieksekusi sesuai lokasi yang seharusnya.

Segera praktikkan tipsnya ya…

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *