Berkenalan dengan Filum Porifera Secara Lengkap

Berkenalan dengan Filum Porifera Secara Lengkap – Tahukah Anda, apa porifera itu? Porifera ialah metazoan yang seluruh bagian permukaan yang berada d tubuhnya mempunyai pori. Hewan ini biasanya hidup di dalam air. Salah satu jenis porifera yang sering Kita kenal ialah Spongebob, ia termasuk jenis porifera dikarenakan tubuhnya memiliki banyak sekali pori.

a

Ciri porifera

Porifera ini memiliki ciri bentuk tubuh yang menyerupai tabung atau vas bunga. Ia termasuk di dalam golongan diloblastik bila di lihat dari jaringan embrional yang ia miliki. Di bagian luar yang berada di dalam tubuh, ia memiliki sel-sel epidermis atau pinakosit sedangkan untuk lapisan yang berada di bagian yang terdalam dari porifera ialah endodermis, ia tersusun atas sel-sel leher atau koanosit, diantara lapisan tersebut ada bagian tengah yang biasa disebut dengan gelatin. Di dalam gelatin ini banyak sekali sel yang memiliki bentuk menyerupai amoeba serta bahan yang berfungsi sebagai pembentuk rangka tubuh. Bahan yang di gunakan untuk memberi bentuk rangka ialah spikula serta spongin. Untuk sponging ini ia memiliki kandungan protein, namun untuk spikula, ia lebih mengandung zat kapur.

Reproduksi porifera

Porifera ini termasuk makhluk hermaprodit, spermatozoid di produksi oleh bagian tubuh yang bernama koanosit, dan ovum memproduksi amoebozit. Bila spermatozoid ini mampu membuahi ovum, maka terbentuklah zigot, zigot inilah yang akan berkembang menjadi embrio. Pada waktunya embrio akan keluar melalui oskulum, serta mencari tempat untuk pelekatan baru sehingga akan menjadi individu yang baru lagi. Namun untuk reproduksi yang terjadi secara aseksual, dimulai dari terbentuknya tunas eksternal serta internal. Saat kondisi yang tidak memungkinkan bagi tumbuhnya porifera, induk pun akan mati dan tunas internal pun akan tumbuh menjadi individu baru.

Klasifikasi porifera

Klasifikasi porifera ini dipengaruhi oleh zat-zat penyusunnya, yang di bagi menjadi 3 kelas. Seperti:

  • Calcarea, kelas ini mempunyai spikula yang berasal dari zat kalsium atau kapur, saluran air yang dimilikinya ialah asconoid contoh dari porifera ini ialah Leucoselenia sp serta Grantia sp,
  • Hexactinellida, di kelas ini terdiri dari likat atau kersik, sedangkan untuk tipe saluran yang ia miliki ialah sycon. Contoh spesiesnya ialah Euplectella sp serta Pheronema sp,
  • Demospongia, rangka ini terdiri atas spikula kersik serta spongin.

Peranan porifera untuk kehidupan manusia

Peranan porifera di dalam kehidupan manusia sendiri sebenarnya tidak begitu banyak ditemukan. Hal ini karena sampai saat ini, manusia juga masih mencoba melakukan berbagai penelitian untuk mencari nilai-nilai ekonomi yang bisa dimanfaatkan dari porifera ini. Kebanyakan, pada saat ini, porifera ini digunakan sebagai penggosok pada saat mandi atau untuk membersihkan kaca. Contoh spesies yang digunakan untuk ini ialah Euspongia sp serta Spongilla sp.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Berkenalan dengan Filum Porifera Secara Lengkap

  1. Pingback: Klasifikasi Protozoa Beserta Jenisnya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Archaebacteria, Bakteri yang Kuat | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *