Berkenalan dengan Hutan di Indonesia

Berkenalan dengan Hutan di IndonesiaApa itu hutan? Hutan ialah kesatuan ekosistem yang merupakan hamparan lahan yang isinya sumber alam hayati. Sumber alam hayati ini sangat di dominasi oleh pohon-pohon.

Untitled

Lantas apa kegunaan hutan ini? salah satu organ vital bumi ini memiliki fungsi sebagai pembasmi karbondioksida dan pencipta oksigen. Tidak heran ia di sebut sebagai paru-paru dunia. Indonesia memang memiliki bermacam-macam jenis hutan. Lalu, jenis hutan apa saja yang terdapat di sini?

Jenis Hutan Berdasar Iklim

Bila melihat hutan di Indonesia berdasarkan iklim, terdapat hutan tropika serta monsoon. Bila hutan tropika biasanya berada di daerah tropis namun dengan curah hujan yang sangat tinggi. Biasanya jenis hutan ini kaya dengan flora serta faunanya, di hutan ini terdapat keanekaragaman tumbuh-tumbuhan.

Indonesia tercatat memiliki kurang lebih 66 juta hektar hutan tropika yang terdapat di Kalimantan, Sumatera, Sulawesi serta Papua. Berbeda dengan tropika, hutan monsoon ialah hutan musim. Hutan ini tumbuh pada daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi. Pada saat musim kemarau, pohon-pohon di hutan ini cenderung menggugurkan daunnya. Biasanya hutan ini berada di Jawa Tengah serta Jawa Timur.

Jenis hutan berdasar cara terbentuknya

Ada 2 jenis hutan yang dikelompokkan berdasarkan cara pembentuknya, antara lain:

  • Hutan alam, hutan yang ditumbuhi oleh berbagai macam tumbuh-tumbuhan dengan cara alami. Secara keseluruhan pohon-pohon yang terbentuk merupakan keanekaragaman hayati. Hutan jenis ini lebih sering disebut sebagai hutan pimer, yaitu hutan yang terbentuk alami, bukan dari tangan manusia,
  • Hutan buatan, hutan ini sengaja di buat manusia untuk berbagai kepentingan, seperti sengaja memanfaatkannya untuk kebutuhan konsumtif, dan lain sebagainya.

Jenis hutan berdasar statusnya

Ternyata jenis hutan juga bisa dikelompokkan dari status kepemilikannya. Ada hutan Negara, hutan ini dikelola serta di awasi penuh oleh Negara. Hutan hak, hutan ini dibebani ha katas tanah semisal HM, HGU, atau HGB, biasanya hutan ini dimiliki oleh individu atau sebuah perusahaan, bisa dimanfaatkan hasilnya, bisa juga hanya sebagai penyimpan kekayaan. Hutan ini sangat sering ditemui di seluruh penjuru Indonesia. Sayangnya, karena merasa kepemilikan ada pada mereka, mereka lebih sering melakukan perusakan.

Jenis hutan berdasar jenis tanaman

Ada 2 jenis hutan yang dikelompokkan berdasarkan jenis tanaman, antara lain:

  1. Hutan homogeny, hutan ini hanya memiliki 1 jenis tumbuhan, bahkan hampir 85% populasinya hanya di isi oleh satu jenis tumbuh-tumbuhan. Hutan ini biasanya juga di gunakan untuk kebutuhan konsumtif. Contohnya ialah hutan jati atau hutan bambu,
  2. Hutan heterogen, hutan ini memiliki berbagai jenis tumbuhan di dalamnya, biasanya hutan ini tidak di manfaatkan seluruhnya, melainkan lebih sering di jaga keasliannya. Hutan ini banyak terdapat di Kalimantan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *