Berkenalan Lebih Jauh dengan Reptil (Hewan Melata)

Berkenalan Lebih Jauh dengan Reptil (Hewan Melata) – Salah satu kelas hewan yang terdapat pada seluruh benua di dunia kecuali antartika adalah Reptil. Berasal dari bahasa Yunani reptil yang berarti melata, kelas ini termasuk dalam golongan hewan vertebrata atau bertulang belakang yang berdarah dingin. Alat pernafasan yang digunakan adalah paru-paru dengan organ jantung yang terbagi oleh 4 ruang berbeda yaitu dua serambi serta dua ventrikel.

a

Adapun ciri lain yang terdapat pada tubuh mereka adalah perkembangan tulang belakang yang terjadi dengan baik dimana bagian thorakal, servikal, sacral, lumbar dan juga ekornya terbentuk sempurna. Kebanyakan hewan jenis ini berkembang biak secara ovipar atau bertelur, namun ada juga yang berkembang biak secara ovovivipar yaitu bertelur dalam tubuh dan setelah menetas akan keluar dari tubuh induknya seperti melahirkan.

Ordo Chelonia (hewan bercangkang)

Secara fisik, ciri utama ordo ini adalah adanya karapaks dan juga plastron yang berbentuk seperti cangkang dan menempel pada bagian dorsalnya (punggung). Fungsi dari cangkang ini adalah sebagai tempat tinggal dan juga perlindungan dari serangan musuh. Pada bagian mulut tidak terdapat gigi namun pada rahang terdapat lapisan zat tanduk yang berfungsi mencerna makanan. Habitat utama dari hewan ini adalah di air (asin atau tawar) dan sebagian di darat. Perkembangbiakan dilakukan secara bertelur (ovipar), dimana ketika bertelur sang betina akan menggali lubang di daratan untuk meletakkan telur-telurnya hingga menetas. Contoh ordo ini adalah penyu serta kura-kura.

Ordo Squamata (Hewan bersisik)

Merupakan ordo dari kelas Reptil yang memiliki paling banyak spesies. Tempat hidup atau habitat hewan ini, mulai dari bawah tanah hingga laut. Ciri umum dari ordo ini adalah adanya sisik yang terbuat dari bahan tanduk dimana akan mengalami pergantian alami secara periodik. Adapun ordo ini terbagi atas sub ordo:

  • Ophidia (serpentes)

Memiliki bentuk tubuh memanjang tanpa kaki dan memanfaatkan tubuhnya sebagai alat gerak. Pada bagian kepala tidak terdapat kelopak mata, namun mata dari hewan ini dilindungi oleh sejenis membran. Pada mulut terdapat gigi taring yang dialiri bisa untuk melumpuhkan mangsa. Terdapat alat sensor pada lidahnya yang bercabang, serta sebuah organ jacobson pada hidung untuk membaui mangsa. Contoh hewan ini adalah python, anaconda sp, ular air.

  • Lacertilia

Hewan ini memiliki lidah panjang dan ada sebagian bercabang yang berfungsi sebagai sensor serta manangkap mangsa. Sisik pada hewan ini dapat mengelupas sebagian. Tubuhnya ada memiliki kaki dan ada yang tidak dengan panjang sekitar 30cm. Contoh: tokek, kadal.

Ordo Crocodilia

Ciri khusus ordo ini adalah kulit yang sangat tebal dan rahang serta gigi yang kuat untuk mengoyak mangsa. Tubuhnya yang memanjang besar membuatnya menjadi seperti predator utama di habitatnya yaitu air tawar atau laut. Hewan yang berkembang biak secara ovipar ini memiliki empat kaki dengan kuku-kuku tajam. Contoh buaya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Berkenalan Lebih Jauh dengan Reptil (Hewan Melata)

  1. Pingback: Segala Pernik Amphibia (Hewan Hidup di Dua Alam) | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Klasifikasi dan Ciri-ciri Hewan Reptil | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *