Berkunjung Ke Kawasan Wisata Air Terjun Sekumpul Di Sawan Buleleng Bali

Letak dari kawasan wisata ini cukup dekat dengan kawasan wisata sejenis yaitu Air Terjun Lemukih, sekitar 2 km saja dari pusat desa yang terletak di Desa Sekumpul dan Desa Lemukih yang saling bertetangga.

Air Terjun Sekumpul berlokasi di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, di Propinsi Bali. Berjarak tempuh kira – kira 76 KM dari Kota Denpasar atau 20 KM dari Kota Singaraja yang membutuhkan lama perjalanan sekitar 1 jam.

Baca Juga : Bagian Bagian Mulut

Ada 2 rute mudah untuk menuju ke lokasi Air Terjun Sekumpul.  Yang pertama adalah arah dari Kota Denpasar dengan melewati kawasan wisata Bedugul. Sampai di Kota Singaraja, ambil arah ke Kecamatan Sawan lalu menuju ke Desa Sekumpul.

Untuk rute yang kedua setelah melewati kawasan wisata Bedugul adalah sekitar 10 KM terdapat pertigaan kecil.

Di pertigaan ini ambil belokan  ke kanan dan ikuti terus jalan ini hingga anda tiba di pintu masuk Air terjun Sekumpul, sekitar 12 km. Kondisi jalan rute kedua ini sempit dan masih alami meskipun sudah diaspal, berkelok – kelok naik turun dengan pemandangan bukit nan menghijau di sisi kiri dan kanan jalan, banyak terdapat kebun warga setempat yang ditanami pohon jagung atau kebun buah – buahan, dengan dilalui oleh sungai kecil berair jernih, di sekitarnya tunbuh dengan subur tanaman hias seperti sayur paku liar, tanaman obat seperti daun piduh yang bagus untuk diramu menjadi jamu tradisional untuk menjaga kebugaran tubuh atau beberapa batang pohon siwalan nan cantik dengan daunnya yang rindang melindungi pejalan kaki melintas di bawahnya, selanjutnya terdapat jurang di kanan kiri jalan sehingga bagi anda yang pertama kali berkunjung kesini dan membawa kendaraan roda empat, disarankan untuk berhati – hati.

Tersedia fasilitas berupa bangunan anak tangga yang terbuat dari beton dan pada beberapa tempat persinggahan dibuat bangunan gazebo berarsitektur khas Bali yang terlihat seadanya saja untuk fungsi sebagai tempat beristirahat bagi para pengunjung.

Tetapi untuk masalah kamar mandi, belum disediakan tempat khusus, anda bisa meminjam sebentar pada beberapa rumah penduduk yang berlokasi tak jauh dari kawasan wisata ini. Untuk masalah penginapan, bisa dilakukan di Kota Singaraja yang tak terlalu jauh dari lokasi wisata.

Dibutuhkan usaha dan perjuangan yang agak melelahkan untuk bisa melihat kawasan wisata Air Terjun Sekumpul dari jarak dekat.

Anda bisa membedakannya dari kawasan wisata air terjun yang lainnya di Indonesia, air terjun disini bukan hanya terdiri atas satu atau dua air terjun saja. Ada tujuh air terjun yang letaknya saling terpisah dan berjauhan, bisa dilihat dari bale bengong atau gazebo tersedia di atas jurang.

Tujuh air terjun tersebut masing – masing tersebar di tebing – tebing yang tinggi dan dikelilingi oleh pepohonan hijau nan asri, berusia sangat tua yang menyejukkan mata, terlihat eksotik dengan akar tunggang menjuntai hingga ke pinggir jurang. Akan tampil lebih indah dengan latarbelakang tujuh air terjun yang memiliki bentuk dan ketinggian yang berbeda – beda.

Dari tujuh air terjun yang ada, dua air terjun terdekat dibuka untuk umum yang bisa didatangi lebih dekat. Mereka memiliki ketinggian dan debit air yang berbeda – beda serta berasal dari dua sumber mata air yang berbeda juga, air terjun di sebelah kiri bersumber dari mata air sedangkan air terjun di sebelah kanan (lebih tinggi) bersumber dari sungai.

Kegiatan yang bisa anda lakukan selama liburan di tempat ini adalah Sekumpul Waterfall Trekking, sebelumnya anda harus menuruni beberapa anak tangga untuk menuju ke lokasi Air Terjun Sekumpul di kaki bukit.

Anda diwajibkan untuk menyumbang tiket masuk sebesar 2000 rupiah saja / orang untuk wisatawan lokal dan 5.000 rupiah / orang untuk wisatawan asing. Ratusan anak tangga disini cukup curam pada beberapa tempat dan menyeberangi sungai.

Disarankan berkunjung ketika sedang musim kemarau dengan mengenakan busana santai seperti celana pendek dan sandal yang aman dan nyaman (atau sepatu tanpa hak) serupa karena anda akan menyeberangi sungai sedalam paha orang laki – laki dewasa untuk sampai di depan air terjun.

Suasana di sekitar kawasan wisata sangat alami dan pedesaan, banyak terdapat aktifitas petani setempat yang berkebun dan membuka ladang, terdapat padi terassering, bukit yang selalu menghijau di sepanjang tahun, dan hawa yang sejuk akan mampu menciptakan hari indah nan sederhana untuk liburan anda dan tidak akan menyebabkan anda merasa lelah dalam perjalanan.

Air terjun di atas rata – rata memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan dikenal juga dengan nama Air Terjun Gerombong. Karena ketinggiannya, air terjun ini bisa anda nikmati dari kejauhan sebelum benar – benar masuk ke dalam area wisata air terjun.

Seperti dijelaskan di atas, 2 air terjun terlihat lebih menonjol yang di sekitarnya tertutup oleh rimbunnya pepohonan hijau berupa hutan kecil yang menutupi permukaan bukit.

Air terjun pertama memiliki bentuk air terjun yang mengalir tunggal seperti yang umum anda temui dan berasal dari sebuah mata air di pegunungan di atasnya. Yang kedua memiliki ketinnggian yang lebih tinggi dan besar dari air  terjun yang pertama, berbentuk air terjun yang berjuntai seperti kelambu berwarna putih bersih bak awan di langit biru yang berasal dari aliran sebuah sungai.

Nah, pada waktu musim penghujan, air terjun yang pertama tetap berair jernih, sedangkan air terjun yang kedua ini akan berwarna coklat keruh sehingga kurang menarik untuk dilihat.

Bagi anda pecinta tanaman bonsai, di hutan – hutan kecil sekitar air terjun dapat dengan mudah menemukan beberapa jenis tanaman hias liar yang bisa dimanfaatkan sebagai bonsai penghias halaman rumah anda.

Rata – rata pepohonan yang rindang di sekitar air terjun berusia tua dan bisa dimanfaatkan sebagai bonsai selain beberapa jenis tanaman anggrek liar yang menempel manis di dahan – dahan pohon, beberapa burung hutan liar terlihat asyik bercengkerama di dahan lainnya sambil menyenandungkan suaranya nan merdu, mampu menciptakan suasana semakin sejuk dan asri.

Baca Juga :

Waktu yang tempat untuk bisa memulai perjalanan adalah sekitar jam 07:00 – 08:00 pagi di musim panas. Jika sedang musim hujan, jalan yang akan anda lewati akan menjadi licin sehingga anda perlu ekstra berhati – hati untuk melewati jalanan – jalanan setapak yang licin.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *